Home News Memahami Sejarah Museum Vrederbug Yogyakarta

Memahami Sejarah Museum Vrederbug Yogyakarta

750
0
SHARE
Pintu gerbang masuk Museum Vrederbug

Diamma.com – Museum Vrederbug, mungkin tidak banyak orang tahu asal muasal museum ini berdiri. Pada masa lalu museum ini adalah sebuah benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) di Yogyakarta selama masa kolonial VOC.

Gedung bersejarah ini terletak didepan Istana Sultan Yogyakarta Hadiningrat yang biasa kita kenal dengan Keraton Yogyakarta. Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur belanda pada masa itu.

Keberadaan museum Vrederburg ini tidak terlepas dari lahirnya Kesultanan Yogyakarta pada tahun 1756 setelah berdirinya Kraton Yogyakarta Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I. Benteng yang mulanya bernama Rustenburg itu (tempat peristirahatan)lalu diubah menjadi Vrederburg (benteng perdamai) .

Museum ini secara resmi  dikelola oleh pemerintah pusat dibawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Keputusan Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan nomor 0475/O/1992 tanggal 23 November 1992 secara resmi Benteng Vredeburg menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Yogyakarta.

Sampai saat ini Museum Benteng Yogyakarta atau yang dikenal sejarah sebagai benteng Vederbug dibuka untuk masyarakat umum serta turis asing yang sedang berlibur di Yogyakarta. Namun Suseno selaku pemandu wisata di Museum Vederbug itu mengungkapkan “Secara pribadi saya menyayangkan keadaan dimana masih banyak masyarakat kurang begitu memahami akan nilai sejarah kebudayaan negaranya sendiri ,” untuk mau berkunjung ke museum ini.

Reporter : Dewi Savitri / Foto : Google

Editor : Erwin Tri Prasetyo