Home Sorot Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

765
0
SHARE

Diamma.com – Tanpa terasa bulan Ramadhan telah tiba, saatnya umat muslim untuk berbuat kebaikan dan berlomba – lomba mencari pahala. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keagungan, dimana segala rahmat tercurah serta membawa kebaikan yang tersedia dibulan penuh barokah ini. Untuk umat muslim diwajibkan berpuasa,  karena dengan berpuasa dapat menjaga hawa nafsu.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah AL-baqarah ayat 183 yaitu, “ wahai orang – orang beriman, telah di wajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana telah di wajibkan ke atas kamu, semoga kamu menjadi orang bertaqwa ” (Al-baqarah 138)

Ayat di atas sudah jelas bahwa kita (umat muslim) diwajibkan untuk berpuasa. Jadi merugilah bila orang yang meninggalkan puasa dengan sengaja, mereka yang meninggalkan puasa telah melakukan satu dosa besar bahkan mereka telah mengalami kerugian.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “barang siapa berbuka satu hari pada bulan Ramadhan tanpa ada rukhshah (uzur syarak) dan tidak juga kerana sakit, dia tidak akan dapat menggantikan puasa yang ditinggalkannya itu, sekalipun dia berpuasa seumur hidup.” (Hadis riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah).

Tidak hanya itu Rasulullah pun mengajarkan kita untuk menyukuri segala bentuk nikmat yang Allah SWT telah berikan dibulan yang suci ini, dan perbanyaklah berbuat amal kebaikan karena Allah SWT akan menggandakan pahalanya.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga(dalam riwayat Muslim: “Dibukalah pintu-pintu rahmat”)dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syetan”(Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim). Marilah kita manfaatkan bulan yang penuh berkah ini sebaik mungkin.

Tulisan dikirim oleh : Albasta Rayhanul Hanief