Home News 27 Rumah Padat di Cililitan Hangus Terbakar

27 Rumah Padat di Cililitan Hangus Terbakar

766
0
SHARE
Ilustrasi

Diamma.com – Kebakaran menghanguskan pemukiman penduduk di Jalan Letjen Sutoyo kelurahan Cililitan Kecamatan Kramat Jati sekitar pukul 09:30 WIB, kemarin.

Api berasal dari rumah salah seorang warga bernama Suryati yang sedang memasak. Kebakaran diduga bersumber dari kompor gas yang sedang dinyalakan olehnya.

Salah seorang warga yang ikut menjadi korban kebakaran Herni, 42, menuturkan bahwa api bermula dari kediaman Suryati yang sedang memasak. Tiba-tiba api membesar dan merembet ke tembok dan menghanguskan rumah disekitarnya.

“Api cepat sekali tadi membesar. Selain karena angin kencang, petugas pemadam tadi datangnya terlambat,” keluhnya.

Herni yang tinggal bersebelahan dengan Suryati mengaku tidak dapat menyelamatkan apa-apa karena tadi sudah panik melihat api yang ada diatas rumahnya. “Cuma bisa membawa handphone sama laptop, sisanya uang, surat-surat dan perhiasan tidak sempat dibawa,” sesalnya.

Dia pun mengaku pasrah dan belum tahu akan tidur dan tinggal dimana. “Belum tahu, soalnya rumah sudah hangus, mungkin nanti ada tenda dan tidur bareng warga lainnya,” jelasnya.

Ketua RT 01/14 Suryadi, 45, mengatakan Suryati sendiri dikenal warga sebagai penjual gorengan yang biasa menitipkan barang dagangannya diwarung-warung sekitar rumah.

“Dia pedagang gorengan yang sedang memasak barang dagangan. Kemudian kompor yang sedang memasak tiba-tiba membesar dan membuatnya panik. Saat ini dia belum bisa diajak ngobrol karena masih shock,” ujarnya.

Akibat kebakaran ini sedikitnya 27 rumah enam kios serta satu musola hangus terbakar.  “Total ada 38 Kepala keluarga yang harus kehilangan tempat tinggalnya, dan kami sedang mempersiapkan dapur umum untuk pengungsian sementara,” tambahnya.

Sementara itu, Kasie Operasi Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Idris DN, mengatakan, pihaknya mengerahkan 26 unit mobil pemadam kebakaran.

”Kami mengerahkan 26 unit mobil pemadam. Mengenai jumlah kerugian materi, kami belum dapat menghitungnya karena petugas masih melakukan pendinginan,” katanya.
Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini namun sempat memacetkan arus lalu lintas dari arah PGC menuju Cawang juga sebaliknya.

Reporter: Dian ramdhani /Foto: doc.diamma
Editor: Frieska M.