Home News Teknologi Segway, Alternatif Global Warming!

Segway, Alternatif Global Warming!

1447
0
SHARE

 

 

 

 

 

 

 

Seseorang sedang mencoba menggunakan segway dipelataran mall Central Park

 

 

 

 

 

 

Diamma.com – Saat ini, kata global warming sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita.

Pemanasan global terjadi diseluruh permukaan bumi, karna semakin menipisnya lapisan ozon disebabkan oleh ulah manusia yang tidak memperhatikan keadaan lingkungan.

Maka lambat laun dapat mengancam kelangsungan hidup manusia.

Keadaan seperti ini membuat masyarakat berfikir untuk mencari alternatif yang baik untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Mulai dari menjalankan program menanam seribu pohon, car free day setiap minggu, hingga mengurangi jumlah penggunaan sampah plastik dengan cara menggunakan paperbag.

Namun ada alternatif baru yang dapat mengurangi pemanasan global, Segway sebuah alat transportasi bertenaga listrik, yang dibuat pada akhir tahun 2007 di Negara Jerman.

Ini menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan, karna tidak menggunakan bahan bakar minyak seperti alat transportasi yang ada di Jakarta saat ini.

Segway hanya menggunakan listrik yang dicharger selama 5 sampai 8 jam sehari untuk memenuhi daya listrik alat ini.

Bentuk segway yang unik dan mudah untuk digunakan, membuat orang – orang tertarik untuk menggunakan alat transportasi baru ini.

Di Jerman tempat asal segway ini biasa digunakan oleh masyarakat untuk pergi berbelanja ke minimarket atau bisa di gunakan untuk jalan – jalan sore.

Namun tidak semua orang bisa menggunakan segway, karna ada hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaannya yaitu, tinggi badan minimum 90cm dan dapat menjaga keseimbangan dengan baik.

“Selain dapat digunakan dijalan besar, segway juga dapat digunakan dijalan yang permukaannya tanah, karna bentuk ban nya besar yang terbuat dari ban mati, sehingga aman untuk digunakan,” tutur Noval Reza selaku penjaga sageway di Central park, Jakarta Barat.

Pengguna segway juga harus memperhatikan keselamatan dalam berkendara, biasanya pengguna sagway menggunakan handband, helmet, dan sarung tangan untuk keselamatan berkendara, terkecuali mereka yang terbiasa menggunakanya.

Agar segway tetap dalam performa yang baik biasanya dilakukan perawatan service dibengkel resmi segway itu sendiri.

Meskipun pengguna sagway masih sedikit, namun alat transportasi ramah lingkungan ini dapat menjadi alternatif  yang baik untuk mengurangi pemanasan global yang semakin terasa saat ini.

Reporter : Siti Farhani (Calon Cinta) / Fotografer : Siti Farhany ( Calon Cinta)

Editor :  Erwin Tri P.