Home Kampus Kerjasama UPDM(B) dengan Kedutaan Amerika Latin

Kerjasama UPDM(B) dengan Kedutaan Amerika Latin

772
0
SHARE

Oleh Dilla Putri, Rionaldo / Foto: Dilla putri

Diamma – Dalam rangka Dies Natalis ke-50, Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menyelenggarakan acara Latins Day. Kegiatan yang juga merupakan salah satu puncak acara Dies Natalis ini diselenggarakan bersamaan dengan acara wisuda yang berlokasi di Jakarta Convention Center,  Senin (28/3).

Acara yang diprakasai oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini berisi stand-stand perwakilan negara Amerika Latin yang memiliki kedutaan di Indonesia. Di sana mereka memperkenalkan budaya negara mereka kepada pengunjung yang mayoritas adalah keluarga dari para wisudawan. Adapun negara yang turut meramaikan Latins Day hari itu antara lain Peru, Ekuador, Argentina, Brasil, Meksiko, Venezuela, Chili, dan Panama.

Selain itu, bagian terpenting dari acara Latins Day adalah penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara pihak UPDM(B) dengan kedutaan negara-negara Amerika Latin. Dengan ditandatangainnya MoU tersebut, maka resmi terjalin hubungan antara UPDM(B) dengan negara-negara Amerika Latin yang diharapkan akan membuka akses baik untuk para wisudawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke International University di Amerika Latin, maupun bagi para mahasiswa aktif yang ingin lebih dalam mempelajari negara Amerika Latin. Dan UPDM(B) juga resmi menjadi Center of Latin Amerika, yaitu pusat kajian Amerika Latin.

Sayangnya, karena kurang publikasi membuat pengunjung acara ini tidak sesuai dengan target sesungguhnya. “Acara ini sebenarnya ditujukan untuk seluruh mahasiswa UPDM(B), dan bahkan untuk mahasiwa luar kampus. Tapi karena kurang publikasi dan di kampus juga ada kegitan perkuliahan, jadi mahasiswa aktif sedikit yang datang,” ujar Arya selaku koordinator acara tersebut. Namun, antusiasme pengunjung selama acara berlangsung bisa dikatakan cukup baik.

“Melihat antusiasme pengunjung terhadap acara ini dan dengan ditandatanganinya MoU, diharapkan kita dapat menyelenggarakan acara seperti ini lagi nantinya,” ujar Kesi Yovana selaku Ketua Pelaksana acara Latins Day.

Beliau juga berharap akan ada lebih banyak lagi acara yang merupakan kerjasama antara UPDM(B) dengan kedutaan Amerika Latin seperti mengundang native speakers untuk mata kuliah bahasa Spanyol, mengingat jurusan HI UPDM(B) merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki mata kuliah Bahasa Spanyol.