Home Kampus Setetes Darah Memberikan Manfaat Besar untuk Sesama

Setetes Darah Memberikan Manfaat Besar untuk Sesama

623
0
SHARE

Oleh Kevin Erens Giri, Fariz Afif Sudrajat, Rionaldo / Foto: Fariz Afif Sudrajat

Diamma – Sakit  adalah suatu hal yang tidak diinginkan siapapun, berbagai macam penyakit dapat masuk ke dalam tubuh makhluk hidup karena kekebalan tubuh kita dapat mempengaruhi kesehatan kita. Hingar bingar kehidupan ibukota adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kita, aktivitas yang padat, tugas yang terkadang tidak mengenal waktu, dan keadaan jalan yang terkadang tidak terkontrol membuat tubuh kita letih, lemah dan lesu. Tapi terkadang kita tidak memperdulikan kesehatan diri sendiri, kita hanya mementingkan pekerjaan kita harus tepat waktu, dengan harus menggadaikan istirahat kita, namun dimana kepedulian kita untuk hidup sehat?

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di setiap  Dies Natalisnya khususnya yang ke-50   mengadakan suatu  kegiatan yang sangat bermanfaat untuk orang banyak,  yaitu donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), “ Sebagai wujud pengabdian sosial kepada masyarakat,” ujar Drg.Diah Indriati selaku kordinator acara ini. Drg Diah menambahkan, “Yang menariknya lagi dari masyarakat luar Moestopo, seperti pedagang-pedagang yang berjualan di sekitar Moestopo sebenarnya ingin mendonorkan darahnya, tetapi merasa malu, walaupun akhirnya setelah ada ajakan akhirnya mereka mau membantu untuk mendonorkan darahnya.” Manfaat dari donor darah ini cukup banyak, selain dari menyumbang darah untuk kepentingan orang banyak  ternyata juga dapat menyehatkan tubuh kita seperti yang diutarakan Dr.Rini yang ditemui ketika pendonoran darah sedang berlangsung.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat UPDM(B), salah satunya Paiman selaku Wakil Rektor III Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang menjadi peserta donor darah. Beliau mengatakan, “Salah satu kegiatan rutin dilakukan UPDM(B),  yang pertama  adalah visi jiwa kemanusian sesuai ajaran Bapak Moestopo karena saat ini banyak masyarakat  yang mampu dan membutuhkan karena tidak mampu membeli darah ketika dibutuhkan karena itu kita membantu dengan diadakannya donor darah ini, selain itu kita membantu program pemerintah, supaya mahasiswa saling mencintai sesama rakyat disamping itu juga membuat badan kita sehat seperti saya sering masuk angin  dan lain-lain.”

Dengan donor darah 4 bulan sekali maka badan kita akan sehat. Kegiatan donor darah ini sekaligus menjalankan ajaran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke III, yaitu “Pengabdian Kepada Masyarakat” dari UPDM(B) sendiri menargetkan 2000 kantong darah yang akan di sumbangkan ke PMI. Kemudian kegiatan ini akan dilanjutkan di UPDM(B) yang berada di Bintaro, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi pada hari kamis (10/3).

Tanggapannya baik banget, harapannya, kegiatan kayak gini harus lebih digalakin lagi untuk dilaksanakan,” ujar Revin Mahasiswa Fikom 2009 yang ikut serta dalam donor kali ini. Semoga saja darah yang disumbangkan oleh masyarakat UPDM(B) akan bermanfaat untuk orang banyak.