Home Kampus Moestopo Juara Satu Tingkat Nasional

Moestopo Juara Satu Tingkat Nasional

866
0
SHARE

Salah satu peserta debat dari Moestopo, Sulton Mu'Minah

“Syukur alhamdulillah kami bisa memenangkan perlombaan ini dan mengharumkan nama Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama).“

Oleh Yery Wahyudi, Novriadji Wibowo/ Foto: Yery Wahyudi

Diamma – Fikom Moestopo berhasil meraih juara satu dalam Kejuaraan Debat Nasional yang diselenggarakan dalam rangka hari jadi IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia) di Universitas Andalas, Padang, 12-15 Oktober 2010.

Tiga perwakilan yang dikirim untuk mengikuti kejuaraan ini yaitu Johanes, sulton Mu’minah dan Ferdian Kusuma yang mewakili Lembaga Kedaulatan Mahasiswa Fikom. Acara ini juga merupakan ajang bertemunya mahasiswa-mahasiswa program studi ilmu komunikasi se-Indonesia. Tidak hanya mahasiswa asal Sumatera saja yang mengikuti acara ini, namun beberapa universitas di Indonesia yang memiliki program studi ilmu komunikasi juga ikut serta.

Para peserta debat hanya diberikan tema besar mengenai media, setidaknya ada ada 14 tema yang disajikan panitia pada saat lomba berlangsung. Peserta sebelumnya belum tahu apa yang akan mereka debatkan, dengan sistem undi kemudian barulah mereka tahu topik apa yang akan mereka debatkan. Untuk Ketiga perwakilan UPDM(B), mereka mengangkat topik tentang “Wartawan Infotainment Itu Jurnalis Atau Bukan?.” Topik itulah yang di debatkan mahasiswa Fikom UPDM (B) dan menghantarkan mereka menjadi juara.

Sebelumnya para peserta ini tidak mendapatkan bimbingan khusus dari para dosen. Dengan persiapan yang sangat singkat mereka mencari bahan ataupun informasi hanya dengan search di internet. Itupun hanya dilakukan  mereka menjelang keberangkatnya menuju lokasi Milad IMIKI. Namun, mereka di dampingi oleh salah satu dosen UPDM(B) yakni Muminto Arief.

Walaupun hanya dengan persiapan yang sangat singkat mereka mampu mengalahkan para peserta dari beberapa universitas di indonesia. Besar kecilnya hadiah yang diterima bukan menjadi tolak ukur nya, tetapi pengalaman dan nama baiklah yang bisa kita banggakan. Semoga prestasi ini menjadi acuan bagi kita para mahasiswa untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama baik UPDM (B).

Saat ditanya bagaimana perasaannya memenangkan perlombaan ini, salah satu peserta yakni Sulton mengatakan sangat mensyukurinya. “Syukur alhamdulillah kami bisa memenangkan perlombaan ini dan mengharumkan nama Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama),“ ujar mahasiswa angkatan 2008 ini.