Home Entertainment Tips & Trik Memperbaiki Motor Yang Terendam Banjir

Tips & Trik Memperbaiki Motor Yang Terendam Banjir

57
0
SHARE
Motor yang terendam banjir akan menyebabkan kerusakan. Foto: Medcom.id

Diamma.com- Pada awal tahun 2020, wilayah Ibu Kota dan sekitarnya dilanda banjir pasca diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga, banyak kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yang tak sempat dievakuasi menjadi korban. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena untuk memperbaiki motor pasca terendam banjir tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Tentunya, kita pasti akan panik saat motor yang telah terendam air cukup lama. Selain membawa ke bengkel, tidak ada salahnya mencoba beberapa trik untuk membuat kuda besi kesayangan kalian hidup kembali. Hal terpentingnya, kalian jangan mencoba langsung menyalakan mesin usai motor terendam banjir.

Karena, ketika memaksakan menyalakan mesin sepeda motor, baik dengan elektrik maupun kick starter atau engkol, terdapat air yang masuk ke ruang mesin. Air yang tidak bisa dikompresi bersama dengan bensin dan udara akan membuat piston jebol dan setang piston bengkok.

Bila kondisi motor hanya terendam tidak lebih dari setengah ban atau 30 cm, kita masih bisa melakukan langkah antisipasi supaya motor bisa dihidupkan kembali. Sebagai langkah awal, periksa terlebih dahulu kondisi karburator dan busi. Lepas dan keringkan busi dengan lap bersih agar bisa digunakan untuk memantikkan api.

Kemudian, buang sisa air di ruang bakar dengan cara mengengkol kick starter tanpa busi terpasang dan mesin mati. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi yang sudah dikeringkan.

Setelah itu, coba posisikan motor dengan tegak dan roda depan terangkat cukup tinggi. Tujuannya untuk mengeluarkan sisa air yang mengendap di dalam knalpot. Cara membopong motor ini butuh dua orang karena bobot motor yang lumayan berat.

Secara garis besar, untuk penanganan lebih lanjut dari motor yang terendam banjir, bisa mengikuti langkah berikut:

1.Cek kondisi oli terlebih dahulu

2.Pastikan tidak terkontaminasi dengan air

3.Saringan udara apabila terkena air juga harus diganti, karena suplai udara terhambat air

4.Bersihkan busi

5.Pastikan kondisi knalpot sudah tidak ada airnya, bila masih ada sisanya dikhawatirkan air akan masuk ke ruang bakar atau mesin saat dihidupkan

6.Segera datang ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan yang terbaik

7.Saat ingin merestorasi sendiri motor yang telah terendam banjir, alangkah baiknya kita membuka seluruh bodi motor. Artinya, motor kita buat telanjang sehingga kita bisa sekalian membersihkan kabel dan rangka hingga mesinnya dari lumpur.

Itulah beberapa tips dan trik memperbaiki motor yang terendam banjir. Perlu di ingat agar saat kalian ingin memasukan motor kalian ke bengkel, pastikan kalian memilih bengkel yang ahli dalam menperbaiki motor yang rusak karena terendam banjir, sebab apabila tidak ahli akan menyebabkan kondisi motor kalian yang terkena banjir akan semakin parah sebab ketidaktahuan bengkel untuk memperbaiki motor yang terendam banjir.

Penulis: Rayhan Rasjman
Editor: Rahma Angraini