Home News Olahraga Sempat Hengkang, Hendra/Ahsan Kembali Lagi ke Pelatnas

Sempat Hengkang, Hendra/Ahsan Kembali Lagi ke Pelatnas

63
0
SHARE
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Juarai BWF World Tour Final 2019 pada Minggu lalu (15/12). Foto: badmintonindonesia.org

Diamma.com- Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah merilis nama atlet yang akan masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) 2020 pada Jumat (20/12). Berdasarkan Surat Keputusan Nomor SKEP/106/0.3/XII/2019, sebanyak 105 atlet akan resmi menjadi penghuni Pelatnas, salah satunya pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sebelumnya, peringkat dua dunia ini sempat keluar dari Pelatnas pada awal tahun 2019 lalu. Mereka memutuskan untuk menjadi pemain profesional, tetapi tetap menjalani pelatihan di Cipayung. Sepanjang 2019, pasangan yang kerap disapa The Daddies tersebut menjalani turnamen hanya dibiayai oleh sponsor.

Juara BWF World Championship 2019 ini akan mengisi slot kelompok utama ganda putra, berdampingan dengan juniornya, Marcus/Kevin dan Fajar/Rian. Sejumlah gelar telah Hendra/Ahsan raih pada tahun ini, di antaranya All England, BWF World Championship, dan ditutup dengan BWF World Tour Final 2019. Mereka berhasil mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan 24-22 dan 21-19 di Guangzhou, China pada pekan lalu (15/12).

Di sisi lain, Pelatnas terus berusaha untuk memiliki regenerasi yang memumpuni dan berkesinambungan. Oleh karena itu, perekrutan atlet Pelatnas ini mengalami peningkatan di 2020 dan akan lebih banyak diisi oleh atlet-atlet muda.

“Ada penambahan jumlah yang signifikan terutama dari kelompok pratama. Tahun lalu jumlah total pemain Pelatnas ada 98 atlet, tahun ini jadi 105 atlet,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti kepada Badmintonindonesia.org.

“Pertimbangannya kami banyak merekrut pemain muda, karena memang kami sedang menyaring bibit-bibit muda yang potensial untuk dibina di pelatnas,” lanjutnya.

Penulis: Faradina Fauztika
Editor: Faradina Fauztika