Home Entertainment 3 Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami

3 Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami

169
0
SHARE

Merawat kulit yang berjerawat. Foto: Google

Diamma.com- Jerawat, kata yang sudah tidak asing didengar oleh setiap orang.

Jerawat cenderung dianggap sebagai hal yang menganggu karena muncul secara terus menerus dan bekasnya terkadang sulit hilang, apalagi jika muncul di area wajah, tentu sangat mengganggu penampilan.

Perlu diketahui bahwa jerawat tidak hanya muncul di wajah namun dibeberapa bagian tubuh seperti leher, punggung dan dada.

Penyebab munculnya jerawat ialah kadar hormon yang memengaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang berada dekat dengan folikel rambut di kulit.

Aktivitas kelenjar yang meningkat, akan menyebabkan produksi minyak di wajah pun meningkat. Tumpukan minyak ini kemudian bercampur dengan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Kondisi ini menyebabkan bakteri propionobacterium acnes yang menjadi penyebab utama jerawat berkembang dengan cepat.

Berikut 3 langkah merawat kulit berjerawat:

  1. Menjaga kebersihan kulit di area yang berjerawat

Bersihkan area yang berjerawat dengan teratur menggunakan sabun anti jerawat, gosok bagian yang berjerawat secara perlahan agar tidak timbul iritasi. Ingat selalu, gunakan air yang bersih ketika membasuh kemudian keringkan dengan handuk yang bersih dan halus, agar tidak memperparah jerawat yang muncul.

2. Mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang

Pastikan setiap hari mengkonsumsi buah dan sayur untuk memelihara kesehatan kulit, hindari makanan berminyak seperti gorengan, makanan, dan minuman yang memiliki kandungan gula berlebih. Konsumsi sari buah alami seperti jus yang kaya serat dan vitamin.

3. Masker  bahan-bahan  alami

Madu diperkaya mampu mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut. Gunakan madu sebagai masker pada bagian yang berjerawat secara rutin seminggu dua kali, selama 30 menit. Selain madu, ada lidah buaya yang mengandung aloin yaitu senyawa yang dapat membantu mengurangi iritasi pada area berjerawat. Oleskan gel lidah buaya pada bagian yang berjerawat, lalu diamkan hingga meresap.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Indira Difa Maharani