Home Entertainment Musik 5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 2)

5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 2)

85
0
SHARE

Diamma.com – Siapa di sini yang selama hidupnya tidak pernah mendengarkan musik? Jika ada, bisa dipastikan orang tersebut akan menyesal deh karena telah hidup tanpa didampangi oleh musik-musik favorit.

Membahas musik, tentu setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, ya kan? Ada orang yang menyukai musik dengan genre pop, jazz, maupun genre hard rock yang dapat membuat kita harus mengangguk-anggukan kepala.

Dari banyaknya genre musik yang ada, ternyata musik beraliran indie telah menjadi salah satu musik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia loh, hal ini berbanding lurus dengan kian banyaknya band-band indie yang bermunculan di ranah musik nasional, seperti Fourtwnty; Barasuara; maupun Elephant Kind.

(Baca: 5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 1)

Eits, tapi perlu diingat ya, Indie bukanlah sebuah genre musik loh. Indie adalah singkatan dari kata Independent, yang artinya sifat-sifat yang ‘mandiri’, ‘bebas’, ‘merdeka’. Dalam dunia musik, indie berarti melakukan Do-It-Yourself approach saat melakukan rekaman dan publishing. Dan tak jarang, musisi indie mendirikian label mereka sendiri untuk melakukan rekaman dan publishing tersebut.

Ya, Indie bukanlah genre musik. Perkembangan indie itulah yang akhirnya
menyebabkan pergeseran makna indie itu sendiri. Bukan hanya salah
mengartikan sebagai genre, lebih luas indie seolah juga telah menjadi gaya
hidup, bahkan dianggap sebagai fashion.

Sesungguhnya, tren indie telah berkembang di Indonesia sejak era 80-an, hal tersebut terjadi seiring banyaknya musik punk-rock yang bergerak tanpa ada bantuan dari label utama. Hingga dari saat itu, muncul lagu-lagu indie yang keberadaannya sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Berikut 5 lagu Indie Favorit dari band Indie ternama Indonesia:

3. Jikalau – Naif

Grup band Naif. Foto: VIVA.co.id/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Naif memang merupakan band indie yang terkenal dengan berbagai karya-karya indah. Lagu Jikalau tersebut menjadi salah satu karya indahnya. Lagu tersebut merupakan salah satu singlenya dalam album ketiga yang dirilis pada tahun 2002.

Lagu ini sebenarnya sangatlah ringan dan sederhana. dengan lantunan musik yang santai, lagu ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang memberikan janjinya terhadap sang kekasih. Sang kekasih diminta bersabar, dan suatu hari nanti ia akan datang untuk membahagiakan kekasihnya tersebut.

NAIF sangat gemar berbicara tentang janji terhadap pujaan hati. Dan sekali lagi tema ini diangkat ke dalam sebuah lagu ballad bertempo medium yang menyejukkan hati.

4. Fana Merah Jambu – Fourtwnty

Fourtwnty. Foto: Doninurdians

‘Fana Merah Jambu’ adalah sebuah single dari band Indie yang jadi idola bagi sebagian kalangan akhir-akhir ini. Yap! Fourtwnty, band Indie yang beranggotakan Ari Lesmana, Nuwi, dan Roots.

Lagu ‘Fana Merah Jambu’ ini sangatlah bersahabat dengan telinga, pembawaan dari penyanyinya yang unik, lirik serta music yang santai benar-benar sangat cocok untuk menggambarkan sebuah kisah kasmaran, yang dikemas dengan begitu apiknya. Alhasil, lagu ini mencatatkan angka hampir 26 juta di Spotify.

5. Sunset Di Tanah Anarki – Superman Is Dead

Cover Album Superman Is Dead. Foto: https://www.musixmatch.com/lyrics/Superman-Is-Dead/Sunset-Di-Tanah-Anarki

Tidak lengkap rasanya membahas band indie jika tidak memasukan band legendaris Superman Is Dead di dalamnya. Sudah tidak terhitung berapa banyak karya band Punk Rock yang kerap kali memberikan perlawanan terhadap kemapanan ini disukai oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Keputusan untuk tetap bersuara lantang terhadap berbagai macam isu ketidakmapanan rasanya juga merupakan tanggung jawab permanen bagi band yang semua personilnya berasal dari bali ini. Sunset Di Tanah Anarki, adalah salah satu dari komitmen tersebut.

Judul ‘Sunset di Tanah Anarki’ sendiri dibuat untuk menjelaskan persoalan yang dihadapi Indonesia. Jerinx mengandaikan Indonesia sebagai sunset.

“Karena Indonesia sangat kaya tapi di Indonesia banyak penindasan,”
ujarnya kala itu saat diwawancarai oleh Detik.com.

Penulis: M Haedar Fashal
Editor: Gadis Ayu Maharani