Home Entertainment Musik 5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 1)

5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 1)

81
0
SHARE
Musik Indie. Foto: exceljesap.com

Diamma.com – Siapa di sini yang selama hidupnya tidak pernah mendengarkan musik? Jika ada, bisa dipastikan orang tersebut akan menyesal deh karena telah hidup tanpa didampangi oleh musik-musik favorit.

Membahas musik, tentu setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, ya kan? Ada orang yang menyukai musik dengan genre pop, jazz, maupun genre hard rock yang dapat membuat kita harus mengangguk-anggukan kepala.

Dari banyaknya genre musik yang ada, ternyata musik beraliran indie telah menjadi salah satu musik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia loh, hal ini berbanding lurus dengan kian banyaknya band-band indie yang bermunculan di ranah musik nasional, seperti Fourtwnty; Barasuara; maupun Elephant Kind.

Eits, tapi perlu diingat ya, Indie bukanlah sebuah genre musik loh. Indie adalah singkatan dari kata Independent, yang artinya sifat-sifat yang ‘mandiri’, ‘bebas’, ‘merdeka’. Dalam dunia musik, indie berarti melakukan Do-It-Yourself approach saat melakukan rekaman dan publishing. Dan tak jarang, musisi indie mendirikian label mereka sendiri untuk melakukan rekaman dan publishing tersebut.

Ya, Indie bukanlah genre musik. Perkembangan indie itulah yang akhirnya
menyebabkan pergeseran makna indie itu sendiri. Bukan hanya salah
mengartikan sebagai genre, lebih luas indie seolah juga telah menjadi gaya
hidup, bahkan dianggap sebagai fashion.

Sesungguhnya, tren indie telah berkembang di Indonesia sejak era 80-an, hal tersebut terjadi seiring banyaknya musik punk-rock yang bergerak tanpa ada bantuan dari label utama. Hingga dari saat itu, muncul lagu-lagu indie yang keberadaannya sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Berikut 5 lagu Indie Favorit dari band Indie ternama Indonesia:

1. Desember – Efek Rumah Kaca

Album ‘Desember’ Efek Rumah Kaca. Foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Efek_Rumah_Kaca_(album)

‘Desember’ merupakan salah satu lagu popular dari Efek Rumah Kaca
yang seperinya wajib banget kamu dengar di saat memasuki bulan
Desember ataupun musim penghujan. Banyak asumsi mengenai makna
lagu Desember ini, mulai dari Kerinduan, Kehilangan, ataupun patah hati.

2. I Remember – Mocca

‘I Remember’ by Mocca. Foto: https://www.youtube.com/watch?v=gM9D90NtWbg

I remember, the way you glanced at me, yes I remember
I remember, when we caught a shooting star, yes I remember
I remember, all the things that we shared
And the promise we made, just you and I

Itu merupakan penggalan liirik ‘I Remember’ yang dipopulerkan oleh Mocca. Pada awal 2000-an, lagu tersebut begitu populer di telinga banyak anak muda.

Lagu ini bercerita tentang sebuah kenangan di saat kita sedang mengenang orang yang kita sukai dan kita akan mengingat semua hal tentangnya mulai dari cara dia memandang, cara dia tersenyum, cara dia membaca buku, dan semua hal yang dia sukai Itulah mengapa di sepanjang lagu banyak sekali kata “remember” (ingat) yang mengartikan ia sedang mengenang hal indah yang pernah dilewati. Lagu ini sangat berkesan, sampai-sampai membuat lagu ini menjadi top list di dalam pencarian grup band Mocca di Spotify.

(Baca: 5 Lagu Indie ‘Terpopuler’ dari band Indie Ternama Indonesia (Bagian 2)

Penulis: M Haedar Fashal
Editor: Gadis Ayu Maharani