Home Kampus Lembaga Seminar “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” – Day 1

Seminar “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” – Day 1

551
0
SHARE
Seminar hari pertama bertemakan “Jurnalisme Robot dan Masa depan Jurnalis” yang disampaikan oleh Rahadian P Paramitha. Foto : Diamma.com/Dianda Ayuana Kartika

Diamma.com– Media Publica adakan Pekan Jurnalistik 2018. Seminar kali ini mengangkat tema “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi”.

Acara bertempat di Lab. Humas Fikom mulai dari 27 hingga 29 November 2018 dengan menghadirkan 4 pembicara yang mumpuni di bidangnya.

Dalam Pekan Jurnalistik kali ini, Media Publica berikan materi yang berbeda ditiap harinya. Berikut adalah para pembicara dan materi dalam Pekan Jurnalistik 2018 :

Hari pertama, “Jurnalisme Robot dan Masa Depan Jurnalis” dengan pembicara Rahadian P. Paramitha yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar.id

Hari kedua, “Etika Mengutip Data dari Media Sosial” akan dibawakan oleh Imam Wahyudi, yang merupakan anggota Dewan Pers dan Dr. Hendrasmo selaku Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Hari ketiga, “Jurnalisme Investigasi Teknik Reportase Berita” akan disampaikan oleh Bagja Hidayat yang merupakan Redaktur Pelaksana Tempo.com .

Seminar yang berbentuk talkshow ini berlangsung selama 2 jam, mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Peserta seminar yang merupakan mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (B) sangat antusias mengikuti jalannya acara pada hari pertama ini.

“Yang saya dapatkan pada seminar hari ini intinya di masa depan jurnalis tidak otomatis digantikan secara langsung oleh robot, tapi mungkin tersisihkan, jadi kita sebagai mahasiswa harus cerdik mengikuti perkembangan dan selalu upgrade,” jelas Ita, salah satu peserta yang merupakan mahasiswi Fikom UPDM(B).

Rahadian P. Paramitha selaku pembicara pada seminar mengaku bahwa acara seperti Pekan Jurnalistik ini menarik dan penting bagi mahasiswa khususnya untuk yang tertarik dalam dunia jurnalistik.

“Bagaikan kulit dan isi, kita sebagai jurnalis harus mempertahankan isi atau roh dari jurnalisme tapi ada kulit atau kemasan yang harus berubah mengikuti perkembangan jaman,” tutupnya.

Reporter : Dinda Ayuana Kartika
Editor : Gadis Ayu Maharani