Home News Teknologi Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Mengisi Daya Smartphone

Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Mengisi Daya Smartphone

376
0
SHARE
Smartphone yang sedang diisi daya baterainya. Foto: Okezone.com

Diamma.com- Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang, selain untuk berkomunikasi smartphone juga digunakan untuk hiburan, urusan pekerjaan, penunjuk arah, mencari informasi, dll.

Menurut Lembaga Riset Digital Marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta orang.

Namun masih banyak dari pengguna smartphone yang melakukan kesalahan dalam menggunakan gadget yang mereka miliki tersebut seperti saat mengisi daya baterai smartphone.

Lebih dari miliaran orang menggunakan perangkat Android dan semua orang berjuang dengan masa pakai baterai yang berkurang dengan cepat serta membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang.

Bisanya Android membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk pengisian penuh.

Berikut ini penyebab dan cara menghindari kesalahan tersebut:

Mengisi Baterai Semalaman

Ada banyak orang yang meninggalakan smartphonenya terpasang semalaman untuk pengisian baterai. Hal ini seharusnya dihindari karena akan mempengaruhi daya tahan baterai sehingga membuat ponsel menjadi panas. Pastikan untuk menghentikan pengisian apabila sudah cukup terisi.

Aplikasi Baterai

Hindari aplikasi baterai yang membantu untuk melacak kinerja baterai ponsel. Hal ini sangat berguna karena kebanyakan dari aplikasi tersebut cenderung memberi tekanan besar pada baterai dan beberapa bahkan memasang iklan.

Jangan Abaikan Peringatan Baterai Lemah

Pengguna smartphone cenderung menggunakan smartphonenya sampai dimatikan karena baterai yang rendah. Biasanya peringatan baterai lemah selalu diabaikan. Jika baterai dilepas secara keseluruhan akan melemahkan baterai lithium, maka dianjurkan untuk satu sampai dua kali dalam sebulan melepas baterai untuk melakukan kalibrasi baterai.

Jangan Charge Sampai 100%

Kebanyakan orang mengisi daya baterai mencapai 100% karena dianggap penuh dan akan awet. Ternyata pengisian 100% bukanlah pilihan yang baik karena baterai akan terlalu panas sehingga mempengaruhi umur baterai.

Gunakan Good Quality Charger

Jika baru saja kehilangan Charger, maka perlu ekstra hati-hati saat memilih charger yang tepat untuk ponsel. Kebanyakan menggunakan charger pengganti dan tanpa ragu memakai charger untuk ponsel lain. Hal ini harus dihindari karena akan memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Jadi, ada lima kesalahan dan cara pengisian daya baterai smarthphone dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan menghindari kesalahan tersebut untuk memperbaiki umur baterai yang dimiliki.

Penulis : M Taufiq Wicaksono
Editor : Siti Nurmayani Putri

(Dilansir dari beberapa sumber)