Pantauan postingan terbaru Instagram @universitasmoestopo yang telah di hack. Foto: Redaksi 22

Diamma.com– Baru-baru ini pihak Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dikejutkan dengan aktivitas siber hacking yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tindakan tersebut menyerang akun Instagram @universitasmoestopo pada Selasa, 23 Januari 2024, sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam postingan yang disematkan tersebut, menunjukan konten give away handphone Iphone 14 Pro Max untuk tiga orang pemenang.

Give away tersebut dibuat dalam sistem tebus dengan harga murah, yaitu Rp. 8.888.000. Diketahui harga Iphone 14 Pro Max resmi sekitar Rp. 21.999.000 hingga Rp. 32.999.999.

Bukan hanya dalam postingan feeds, postingan tersebut juga dilakukan di Instastory. Postingan tersebut dibuat seolah benar-benar mengadaka give away dengan menyertakan syarat dan ketentuan klaim.

Kejadian tersebut ditanggapi langsung oleh Wakil Rektor III UPDM (B), Saifullah. Berikut tanggapannya:

“Kami informasikan bahwa sejak Selasa siang, akun Instagram Universitas di hack orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya pada Instastory @fikommoestopo_ommoes.

Dia juga meminta seluruh masyarakat terutama dalam lingkup UPDM (B), baik dosen, karyawan, dan mahasiswa agar tidak terpengaruh terhadap postingan tersebut.

“Saat ini tim medsos kami sedang mengupayakan untuk mengambil alih kembali akun tersebut,” pungkasnya.

Sampai saat ini belum diketahui siapa pelaku dari tindakan siber hacking tersebut. Semoga Instagram UPDM (B) segera kembali dan tidak ada yang dirugikan atas kejadian tersebut.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Aryo Hadi