Diamma.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (2/10) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama “Whoosh!” di Stasiun Halim, Jakarta Timur pukul 09.00 WIB.

Acara Peresmian tersebut dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Koordinator Kemaritiman Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan sejumlah pejabat lain.

Sejumlah anggota DPR juga turut hadir dalam acara peresmian ini. Di antaranya ada dari fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Cucun Ahmad Syamsurizal, Jazilul Fawaid, Luluk Nur Hamidah, dan ada dari fraksi PPP Arsul Sani dan Amir Uskara.

Terlihat juga ada Founder and Chairman CT Corp. Chairul Tanjung (CT) di lokasi peresmian. Ada juga Pejabat Gubernur DKI Heru Budi dan Pejabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Izin mengenai operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung diterbitkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Mengenai tarif, mantan Dirut Angkasa Pura II yaitu Muhammad Awaluddin menyatakan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung berkisar di angka RP 250-300 ribu. Soal potongan harga, menjadi kewenangan pihak pengelola.

Penulis : Leonardus Bimo
Editor : Leonardus Bimo