Sesi talkshow Campaign.id. Foto: Rafid Ahmad Fauzi

Diamma.com– Kondisi Panas bumi di Indonesia yang terus meningkat sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup umat manusia. Kepedulian seluruh aspek masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kondisi bumi yang lebih baik.

Platform sosial donasi tanpa uang pertama di Indonesia, yakni Campaign.id menggelar acara talkshow dan workshop dalam rangka memperingati Hari Pengurangan Emisi CO2 Internasional.

Acara berlangsung di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki pada Kamis, 25 Januari 2024. Mengangkat judul “Cuaca Panas Banget! Terus, Harus Gimana?”, Campaign.id berupaya mengajak masyarakat untuk turunkan panas bumi dengan cara mudah dan menyenangkan.

Campaign.id mengundang narasumber-narasumber keren yang concern isu lingkungan, salah satunya Natasha Manuella, seorang tokoh publik dan tim FoodCycle Indonesia.

Natasha mengungkap salah satu cara untuk mengurangi panas bumi yaitu dengan mengurangi sampah makanan. Langkah mengurangi sampah makanan selama ini sudah dilakukan oleh Natasha dan FoodCycle Indonesia.

“FoodCycle Indonesia berupaya mengurangi sampah makanan dengan menyalurkan makanan surplus dari acara-acara besar kepada masyarakat prasejahtera,” ungkapnya.

Selain itu, FoodCycle juga bekerjasama dengan Campaign.id untuk menjalankan program yang bertajuk Semangat Pagi Indonesia. Program ini mendistribusikan sarapan pagi untuk anak-anak sekolah dengan melakukan kampanye sosial berbentuk challenge aksi sosial terkait ketahanan pangan dan gizi.

Mengurangi panas bumi juga bisa dilakukan dengan menanam pohon. Hal tersebut diungkapkan oleh Wisnu Mohammad Rizky, selaku Strategic Partnership Executive LindungiHutan.

“LindungiHutan berkolaborasi dengan Campaign dalam Flagship Project untuk bersama-sama menjaga alam dan bumi tempat kita tinggal serta meredakan dampak perubahan iklim. Bersama Campaign, kami akan meluncurkan kampanye #PilihLestari yang berupaya menanam 20.240 pohon di 24 lokasi di Indonesia,” ungkap Wisnu.

“Kampanye #PilihLestari akan dilakukan di aplikasi Campaign #ForABetterWorld dengan target 5.000 supporters untuk menyelesaikan 24 challenge yang diinisiasi oleh 50 organisasi sosial,” lanjutnya pada talkshow.

Flagship Project merupakan program kolaborasi antara Campaign.id dengan organisasi sosial. Campaign.id berharap program ini dapat berdampak untuk menciptakan bumi yang lebih baik lagi.

Ahmad Fathul Aziz, selaku Engagement Lead Campaign.id mengungkap berbagai macam project yang sudah dilakukan Campaign.id di bilang lingkungan.

“Campaign telah melakukan berbagai macam project di bidang lingkungan untuk mengurangi emisi karbon seperti kampanye Green Jobs, edukasi pengurangan sampah makanan, dan lain-lain,” katanya dalam talkshow.

Usai sesi talkshow selesai, acara berlanjut dengan sesi sharing session antar hadirin dan workshop bermain dan membuat board game bertema lingkungan.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Aryo Hadi