Diamma– FISIP Moestopo Jakarta: Peran Mahasiswa Berkarya (Festapura) 2023 resmi rampung pada acara penutupan di Kampus I UPDM (B), Jumat, (17/11/2023).

Tema yang diusung Festapura 2023 ini adalah “Muda Berbudaya Nusantara”. Acara ini berlangsung kurang lebih selama dua minggu, sejak Rabu (25/10) hingga Jumat (17/11).

Festapura sendiri merupakan acara tahunan dari Senma FISIP UPDM (B) untuk memperingati hari sumpah pemuda. Festapura memiliki tujuan salah satunya untuk menaikan pamor UPDM (B), terkhusus untuk FISIP.

Acara dimeriahkan dengan berbagai agenda seru seperti, turnamen Mobile Legends, Seminar Nasional, turnamen futsal, dan kegiatan penuh manfaat yakni donor darah.

Aisyah Muna Khanza selaku Ketua BPM FISIP periode 2023/2024, mengungkapkan pengalamannya menjadi pengawas acara Festapura 2023.

“Untuk tantangannya sih sebenarnya Alhamdulillahnya terkait dengan jumlah peserta kita,” ungkap Ketua BPM FISIP itu.

Diketahui jumlah peserta selama Festapura berlangsung ada 73 tim, terpecah menjadi 15 tim Mobile Legends dan 58 tim Futsal (32 tim dari SMA) dan (26 tim dari umum).

“Sebenarnya tantangannya disitu karena ini pertama kalinya kita mendapat peserta sebanyak itu dan ini merupakan peningkatan dari tahun lalu,” sebutnya.

Aisyah juga mengungkapkan kesan selama menjalan acara dan pesan untuk para penerusnya nanti dalam menjalankan Festapura tahun-tahun berikutnya.

“Kita sangat senang bisa mengawasi acara ini karena target kita tercapai, dimana target kita utamannya adalah untuk melibatkan siswa-siswa SMA sederajat dan sekaligus untuk promosi kampus, jadi kita cukup puas dengan perolehan peserta yang ada,” jelasnya.

Ketua BPM FISIP itu memiliki harapan besar kedepannya calon penerusnya untuk dapat melanjutkan acara ini lebih baik dari sebelumnya.

“Semoga nanti teman-teman yang akan melanjutkan bisa kembali mengadakan acara ini dengan konsep yang lebih baik, peseta yang lebih banyak, dan inovasi lainnya untuk mendukung kemajuan kampus kita,” tutupnya.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Aryo Hadi