Diamma.com – pemerintah melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau AID telah menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap kedua sebesar Rp31,9 miliar untuk Palestina. Targetnya bantuan tersebut siap dikirim pekan depan.

Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing mengatakan bantuan yang dikirimkan berupa kebutuhan medis seperti obat-obatan dan alat-alat kesehatan. Dua jenis bantuan tersebut dibutuhkan oleh warga Palestina, terutama di jalur Gaza.

“Dukungan dari masyarakat internasional, termasuk dari Indonesia sangat dibutuhkan oleh negara tersebut akibat ketegangan Israel-Palestina yang kian memanas,” ungkap Tor Tobing.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan Gaza dari Indonesia untuk Palestina, Sabtu (4/11)

Total bantuan seberat 51,5 ton dibawa dua pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

“Alhamdulilah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera di berangkatkan menuju ke Bandara El-Arish, di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” jelas Jokowi dalam konferensi pers.

Penulis : Leonardus Bimo
Editor : Leonardus Bimo