Home Entertainment Gaya Hidup Jangan Terkecoh! Berikut Cara Menghindari Berita Hoax di Media Sosial

Jangan Terkecoh! Berikut Cara Menghindari Berita Hoax di Media Sosial

107
0
SHARE

Kenali ciri-ciri berita hoax yang tersebar melalui media sosial. Foto: nextren.grid.id

Diamma.com– Hoax adalah berita bohong yang seolah-olah benar adanya dan tidak bersumber. Biasanya hoax tersebar melalui pesan berantai di dunia maya atau media sosial. Saat ini, dunia sedang dalam situasi darurat penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang cukup meresahkan, sehingga berita hoax mudah berkembang dan cenderung diterima masyarakat.

Maka dari itu, Diamma.com telah merangkum cara menghindari berita hoax di media sosial, yuk simak!

  • Pahami Beritanya Terlebih Dahulu

Sebelum percaya pada suatu berita yang beredar di media sosial, telitilah terlebih dahulu apakah berita itu valid atau tidak. Contoh, pesan berita yang diteruskan tanpa menyertakan  sumber atau tanpa bukti, karena foto, video, bahkan rekaman suara dapat direkayasa untuk meyakinkan orang lain.

  • Kenali Judul yang Provokatif dan si Penulis

Baca judul terlebih dahulu apakah mengandung unsur provokatif atau tidak. Kalau memang judulnya mengandung unsur provokatif, kemungkinan besar informasi tersebut adalah berita hoax. Lalu lihat nama penulis berita tersebut, karena suatu berita ditulis atas pertanggungjawaban si penulis. Bila nama penulis tidak tercantum, kamu patut curigai berita tersebut.

  • Riset dan Cek kembali Berita dari Berbagai Sumber

Saat kamu melihat berita yang mencurigakan kebenarannya, riset dan cek kembali berita yang serupa dari berbagai sumber, khususnya dari sumber media yang terpercaya. Dengan begitu, kamu dapat memastikan berita tersebut kredibel atau tidak.

  • Berhenti Melakukan Penyebaran

Jika kamu tahu bahwa informasi suatu berita tidak benar, maka segeralah berhenti melakukan penyebaran atau pesan berantai, hal tersebut dilakukan guna memutus rantai hoax kepada orang lain. Jangan teruskan pesan hanya karena orang lain meminta kamu untuk melakukannya, meskipun orang tersebut merupakan kerabat atau teman.

Bagi Anda yang kesulitan atau merasa terganggu dengan berita-berita hoax di media sosial seperti informasi tentang virus Corona yang sedang beredar, Anda bisa melapor ke cekfakta.com di situ kalian bisa melaporkan berita-berita hoax  dan mendapatkan informasi yang valid.

Penulis: Raihan Hakim Suryanegara
Editor: Indira Difa Maharani