Home Entertainment Gaya Hidup Hindari Boros! Berikut Tips Mengelola Uang untuk Anak Rantau

Hindari Boros! Berikut Tips Mengelola Uang untuk Anak Rantau

80
0
SHARE

Ilustrasi Menabung. Foto: lifepa.co.id

Diamma.com– Merantau merupakan istilah perginya seseorang dari tempat asal ke wilayah lain untuk menjalani kehidupan atau mencari pengalaman.Mendengar kata anak rantau pasti yang Anda pikirkan adalah orang yang sedang bekerja atau sedang mengeyam bangku kuliah.

Tak sedikit orang yang sulit mengontrol keuangan mereka dikarenakan banyaknya kebutuhan yang diperlukan. Bagi mahasiswa yang merantau, pasti harus pintar-pintar mengelola uang agar tidak menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Nah, berikut tips buat Anda yang sedang merantau.

  • Buatlah Daftar Pengeluaran

Selalu buat daftar kebutuhan setiap bulan dan catat hal-hal prioritas seperti kebutuhan makan, bayar kos, ongkos kendaraan, dan dana fotokopi pada awal daftar. Ini berarti kebutuhan tersebut harus Anda penuhi lebih dulu dibandingkan dengan kebutuhan lain.

Singkirkan dulu keinginan lain yang cukup menguras keuangan. Dengan begitu setiap akhir bulan Anda akan mengetahui  berapa banyak pengeluaran, lalu Anda akan lebih bijak mengelola keuangan di bulan depan.

  • Hindari Berutang

Sebisa mungkin hindarilah berutang, karena itu akan mengahambat Anda dalam proses menabung. Gunakan uang sesuai dengan kebutuhan Anda, jika terpaksa berutang  usahakan membayarnya dengan cepat agar tidak menjadi beban dalam pengelolaan keuangan.

  • Bijak saat Ingin Membeli Sesuatu

Bijaklah dalam mengelola keuangan, prioritaskan apa saja yang menjadi kebutuhan, bukan keinginan. Jika barang yang ingin Anda beli tidak terlalu penting usahakan untuk tidak membelinya karena hal itu akan membuat Anda boros.

Bukan berarti melarang Anda dalam membeli apa yang menjadi keinginan, namun hal ini dapat melatih diri untuk disiplin dalam mengatur keuangan.

  • Manfaatkan Uang Receh 

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang menganggap remeh uang receh karena nominalnya yang kecil, belum lagi ukurannya yang cukup merepotkan para pemilik dompet lipat. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah  ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’?, artinya setiap usaha kecil yang dilakukan nantinya akan berbuah besar.

Simpan uang receh dalam satu wadah, setelah terkumpul banyak Anda akan merasakan manfaat dari ‘the power of receh’, terlebih ketika Anda sudah memasuki masa akhir bulan.

Nah, itu dia tips mengelola keuangan untuk anak rantau. Selalu bijak dan disiplin dalam mengatur keuangan ya Diammania.

Penulis: Raihan Hakim Suryanegara
Editor: Indira Difa Maharani