Home Entertainment Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama

97
0
SHARE
 Segala macam sayuran yang dapat kita konsumsi memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Harianhaluan.com

Diamma.com- Sayur merupakan salah satu menu yang diwajibkan hadir di meja makan setiap harinya. Sayur juga salah satu makanan yang kaya manfaat dan nutrisi yang penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang sengaja membeli sayuran dalam jumlah yang lebih sebagai persediaan. Karena tidak langsung diolah, sayuran justru cepat menjadi busuk dan tidak tahan lama.

Cara menyimpan sayur yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut. Kualitas makanan yang buruk tentu akan berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Jika kita ingin hidup lebih sehat, maka awali dengan penyimpanan sayur yang tepat.

Berikut ini cara menyimpan sayuran di kulkas agar tidak cepat busuk dan tetap layak dikonsumsi :

  1. Pilih Sayur Baru dan Berkualitas Bagus

Saat membeli sayuran, pastikan untuk membeli sayur yang masih baru dan berkualitas bagus. Umumnya, jenis sayur yang masih bagus tampak segar seperti sayuran yang masih hidup, teksturnya cukup keras dan tidak layu.

  1. Cuci Sayur-sayuran Sebelum Disimpan

Setelah memastikan sayur yang kita beli bagus, cuci sayur tersebut dengan air mengalir. Kita tidak perlu mencucinya berulang kali, cuci dengan dua sampai tiga kali siraman. Tiriskan sayur selama beberapa saat agar kandungan airnya berkurang atau mengering. Menyimpan sayur dengan kandungan air berlebih justru membuat sayur mudah busuk.