Home Entertainment Manfaat Sayur dan Buah yang Kaya akan Kandungan Air

Manfaat Sayur dan Buah yang Kaya akan Kandungan Air

70
0
SHARE
Semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Foto: Hellosehat.com

Diamma.com- Cairan sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Faktanya, tidak mengonsumsi air dengan tepat dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah dan tekanan jantung. Jika tubuh manusia terjadi dehidrasi yang berkepanjangan, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kegagalan pada organ manusia.

Para ahli umumnya merekomendasikan minum beberapa gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan manusia. Walaupun konsumsi air sangat penting, tetapi mendapatkan cairan juga bisa dari makanan seperti buah dan sayuran. Berikut adalah sayur dan buah yang mengandung air untuk dikonsumsi setiap hari nya :

  1. Semangka

Kadar air yang terdapat pada semangka sebanyak 92 persen. Semangka sangat sehat dan salah satu makanan paling banyak mengandung air. Selain itu, kandungan semangka memiliki nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A dan magnesium. Oleh karena itu, kandungan air dalam Semangka tinggi, namun kalori yang ada rendah. Hal itu berarti bahwa porsi semangka yang relatif besar mengandung sangat sedikit kalori. Makanan dengan kalori rendah telah terbukti dapat menurunkan berat badan.

  1. Selada atau Lettuce

Kadar air dalam kandungan sayur Selada adalah 96 persen. Selada kaya akan manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan. Selain itu, selada kaya akan vitamin K dan A, yang keduanya memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Selada juga mengandung jumlah kalori yang rendah. Hanya ada 10 kalori dalam porsi 1 cangkir (72 gram). Kita dapat dengan mudah menambahkan selada ke dalam makanan atau menggunakannya untuk isian salad. Selain itu, dapat menggunakannya dalam pembuatan burger.

  1. Seledri

Kadar air dalam seledri sebanyak 95 persen. Seledri adalah makanan yang kaya akan serat dan banyak nutrisi penting untuk ada dalam menu diet. Karena sebagian besar kandungan seledri terbuat dari air. Seperti sayuran kaya air lainnya, seledri bisa menjadi makanan penurun berat badan yang bermanfaat karena kandungan airnya yang tinggi dan rendahnya kalori.

  1. Tomat

Kadar air yang terdapat pada tomat adalah 94 persen. Tomat memiliki nutrisi yang tinggi dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Satu tomat sedang saja dapat menghasilkan air sekitar 118 ml. Tomat juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jumlah air yang tinggi dalam tomat selain kaya akan serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, tomat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Nah, itu beberapa buah dan sayur yang dapat kita konsumsi setiap harinya. Sayur dan buah tersebut dapat ditemukan dengan mudah dan dikonsumsi kapanpun kita mau.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini