Home News Nasional Segera Evakuasi WNI di China, TNI AU Kerahkan Pesawat Boeing dan Hercules

Segera Evakuasi WNI di China, TNI AU Kerahkan Pesawat Boeing dan Hercules

124
0
SHARE
TNI AU siap mengevakuasi WNI di China terkait wabah virus korona. Foto: Twitter/ TNIAU

Diamma.com- TNI Angkatan Udara (AU) siap evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China dengan menyiapkan dua unit pesawat Boeing B737 dan satu unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan Angkatan Udara.

Melansir dari twitter @_TNIAU menyatakan bahwa  melalui rapat antara Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah sepakat  untuk mengerahkan unit pesawat dan personel kesehatan.

“Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI @Kemlu_RI @KemenkesRI, TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI,” tulisnya , pada Rabu (29/1).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto menyatakan siap dalam perencanaan evakuasi tersebut. Namun, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kemenlu.

“Nunggu dari Kemenlu bisa tembus nggak ke pemerintah sana, untuk agar kita bisa berangkat atau tidak, yang jelas TNI AU siap 24 jam,” kata Fajar, dilansir dari msn.com

Hingga saat ini  virus corona masih menjadi perhatian masyarakat dunia dan sudah menyebar ke beberapa negara. Di Wuhan, China sendiri situasi kota sedang dalam keadaan terisolasi. Seluruh kegiatan transportasi dihentikan serta toko dan pasar ditutup.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Indira Difa Maharani