Home Travel Destinasi Perkiraan Waktu Pendakian ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Perkiraan Waktu Pendakian ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu

251
0
SHARE
Pintu masuk pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Foto: rakasmada.org

Diamma.com- Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 MDPL yang berada di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang mana terletak di antara tiga kabupaten yaitu Karanganyar, Jawa tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gunung ini mempunyai 3 jalur pendakian yang resmi, yaitu Jalur Cemoro Kandang, Candi Cetho, dan Cemoro Sewu. Nah, Jalur Cemoro Sewu ini merupakan jalur favorit yang sering dilalui oleh para pendaki. Jalur ini berada di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bagi kalian para pecinta traveling serta memiliki keinginan untuk mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu, jangan khawatir karena Diamma.com akan memberikan estimasi waktu pendakian gunung tersebut. Namun, perlu diingat estimasi tersebut belum tentu tepat selebihnya sesuai situasi dan kondisi ketika kalian melakukan pendakian.

Berikut estimasi waktu yang telah Diamma.com rangkum dari basecamp hingga puncak Gunung Lawu :

  1. Basecamp – Pos 1

Dari basecamp menuju ke pos 1, jalur pendakian Gunung Lawu masih datar nih diammania dengan jalur berupa medakam yang rapi dan suasana yang belum terlalu rapat. Pos 1 ditandai dengan beberapa bangunan di kanan dan kiri berupa warung kecil yang bisa digunakan untuk istirahat. Untuk sampai ke Pos 1 bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan.

  1. Pos 1 – Pos 2

Jalur pendakian menuju pos 2 mulai memasuki hutan. Jadi, mulai menanjak dan cukup melelahkan, dengan track berbatu akan membuat kaki terasa pegal. Pos 2 ini ditandai dengan sebuah shelter di sisi tebing dan lokasinya cukup luas dan bisa digunakan untuk beristirahat juga. Dari pos 1 ke pos 2 bisa menghabiskan waktu 2 jam perjalanan.

  1. Pos 2 – Pos 3

Jalur pendakian dari pos 2 menuju pos 3 itu hampir sama dengan pendakian dari pos sebelumnya yang mana berupa bebatuan besar dan menanjak. Untuk mencapai pos 3 kalian membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

  1. Pos 3 – Pos 4

Jalur pendakiannya masih dengan bebatuan besar dan menanjak, yang membedakannya adalah kalian akan melalui jalur yang berliku dengan bebatuan besar. Untuk mencapai pos 4 kalian membutuhkan waktu 1 jam lebih 20 menit.

  1. Pos 4 – Pos 5

Nah, di pos 5 ini jalur mulai terbuka dan berbeda dengan pos lainnya. Sesampainya di pos ini akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Serta, untuk menuju ke pos 5, kalian tidak membutuhkan waktu yang banyak hanya sekitar 15 menit dan bisa langsung mendirikan tenda untuk beristirahat ataupun sekadar mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan pada pagi hari.

  1. Pos 5 – Puncak Lawu

Dari pos 5 menuju Puncak Lawu hanya membutuhkan waktu 20 menit saja lho, Diammania. Serta kalian akan menemukan sumber air yang terkenal akan keramat yang bernama “Sendang Drajat”.

Nah itu dia, estimasi waktu perjalanan menuju Puncak Lawu yang dimulai dari basecamp. Semoga dapat membantu kalian yang ingin ke Gunung Lawu melalui Jalur Cemoro Sewu. Selamat Mencoba !

Penulis: Anggi Balqis
Editor: Rahma Angraini