Home Entertainment Gaya Hidup Makanan yang Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Makanan yang Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

133
0
SHARE
Makanan sehat akan menciptakan ginjal yang sehat. Foto dari hellosehat.com

Diamma.com- Ginjal yang bermasalah tentu dapat menurunkan kesehatan tubuh secara signifkan. Untuk itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal, berikut daftar makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan ginjal:

  • Bawang putih dan bawang merah

Dua jenis bawang ini mengandung senyawa quercetain yang  merupakan jenis flavonoid dengan antioksidan yang berpotensi melawan kemerahan dan iritasi serta memberi perlindungan terhadap kerusakan ginjal bagi perokok.

  • Kayu manis

Kayu manis dikenal karena kemampuannya membantu mengatur kadar glukosa, melindungi tubuh untuk mengatur gula darah dengan lebih baik. Cara aman mengkonsumsi kayu manis adalah merebusnya dalam kuah makanan.

  • Minyak zaitun

Kandungan asam oleatnya yang tinggi dapat menjadi agen anti infiamasi, minyak zaitun digunakan sebagai sumber lemak dalam diet mediterania.

  • Putih telur

Orang yang mengalami perawatan dialisis atau cuci darah untuk gagal ginjal memiliki kebutuhan protein lebih tinggi dari biasanya, tetapi perlu membatasi fostor. Untuk itu, perlu mengonsumsi putih telur karena mengandung sumber protein yang sangat baik.

  • Kacang merah

Tak hanya enak, kacang merah mengandung banyak gizi untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah kacang merah dengan mengonsumsi air rebusannya, biasanya dinikmati dengan sup.

  • Air

Air menjadi hal yang paling penting bagi tubuh kita, kekurangan mineral tidak hanya akan mengalami penyakit ginjal tapi juga beresiko penyakit lainnya. Tanpa air, tumpukan limbah di ginjal akan beresiko menjadi padatan yang kemudian disebut dengan batu ginjal.

Itu dia makanan sehat untuk mencegah penyakit ginjal. Sayangi ginjal anda, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat mencoba!

Penulis: Anggi Balqis
Editor: Indira Difa Maharani