Home Entertainment Gaya Hidup Waspada! Ini Ciri-Ciri Ginjal Anda Bermasalah

Waspada! Ini Ciri-Ciri Ginjal Anda Bermasalah

250
0
SHARE

Ilustrasi ginjal bermasalah, seperti permasalahan pola tidur. www.tribunnews.com

Diammma.com- Ginjal merupakan organ tubuh yang paling penting bagi tubuh. Saat fungsi ginjal bermasalah, ada beberapa penyakit ginjal yang mengintai kesehatan. Disaat ginjal bermasalah tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan racun dan kotoran pada darah. Penyakit ginjal itu bermacam-macam mulai dari infeksi ginjal, batu ginajal, gagal ginjal, ginjal akut, serta kanker ginjal.

Masalah fungsi ginjal pada umumnya menimbulkan sejumlah gejala,seperti berikut:

  • Kekurangan energi dan sulit untuk berkonsentrasi
    Sulit  konsentrasi dan cepat merasa lelah dikarenakan masalah pada aliran darah yang mengalir ke otak. Hal ini terjadi saat rusaknya ginjal yang kehilangan kemampuan untuk membuang racun dan kotoran dalam tubuh.
  • Kulit kering dan gatal

Kulit yang selalu kering dan gatal bisa menjadi tanda dari penyakit tulang dan kandungan mineral yang ada tak seimbang. Yang tak jarang disertai dengan penyakit ginjal.

  • Pola tidur yang bermasalah/ sulit tidur

Gangguan sleep apnea umumnya dialami oleh orang yang memiliki penyakit ginjal dibandingkan dengan orang yang berginjal sehat. Hal tersebut terjadi karena adanya sumbatan racun dan kotoran di dalam darah.

  • Urine yang berbusa

Ginjal yang rusak akan sulit untuk menyaring darah, sehingga protein akan ikut terbuang bersama racun dan kotoran melalui urine. Itulah mengapa urine terlihat seperti berbusa.

  • Nafsu makan menurun

Nafsu makan akan menurun akibat penyakit ginjal biasanya terjadi dalam jangka waktu lama tanpa ada sebab yang jelas.

Ini dia ciri-ciri ginjal anda bermasalah, pahami dan kenali apa yang anda rasakan. Apa bila merasakan hal yang diatas alangkah baiknya untuk mengecek kesehatan anda ke rumah sakit terdekat.

Penulis: Anggi Balqis
Editor: Indira Difa Maharani