Home Entertainment Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran untuk Tubuh Manusia

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran untuk Tubuh Manusia

111
0
SHARE

 konsumsi sayuran dan buah demi kesehatan tubuh. Foto: cbsnews.com

Diamma.com- Ada beberapa alasan mengapa konsumsi buah dan sayuran sangat penting.

Setiap tahun ada bukti baru yang muncul tentang manfaat makan buah dan sayuran.

Sayur dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, dan asam folat.

Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut adalah manfaat mengonsumsi buah dan sayuran:

  • Menurunkan beberapa resiko penyakit
    Buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang penting untuk membuat anda kenyang, menjaga pencernaan tetap normal, dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko serta efek dari beberapa penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan beberapa jenis kanker.
  • Menyehatkan tubuh
    Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri, sehingga membuat kita merasa sehat dan berenergi.
  • Baik untuk diet
    Menganti makanan berkalori tinggi dengan buah-buahan dan sayuran (yang cenderung lebih rendah kalori) dapat menyebabkan asupan kalori lebih rendah, sehingga  dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan.

Itulah pentingnya dari konsumsi buah dan sayur bagi tubuh manusia. Mulai sekarang, yuk konsumsi buah dan sayur secara rutin minimal sehari sekali agar tubuh kita tetap sehat, dan jangan lupa juga untuk perbanyak minum air putih.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani