Home Entertainment 5 Fakta Psikologi yang Jarang Diketahui

5 Fakta Psikologi yang Jarang Diketahui

118
0
SHARE
Memahami dan membenahi karakter diri. Foto : www.duniapsikologi.com

Diamma.com – Dalam kehidupan tentu ada suatu pembelajaran terhadap sikap atau perilaku.

Biasa kita kenal dengan sebutan psikologi, yang merupakan sebuah bidang ilmu dalam mempelajari mengenai sikap, perilaku, pikiran, dan juga mental manusia.

Psikologi lebih mengarah pada apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Ilmu psikologi juga kerap kali dikaitkan dengan ilmu kesehatan, karna ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab pada gangguan karakter atau mental seseorang.

Ternyata dibalik hal-hal umum mengenai psikologi, masih banyak sekali fakta-fakta menarik lainnya yang jarang disadari oleh masyarakat pada umumnya.

Berikut rangkuman beberapa fakta unik dan menarik tentang psikologis yang jarang diketahui:

  1. Pengaruh emosi dengan komunikasi
    Emosi yang ditunjukkan belum tentu menjadi salah satu pengaruh dalam cara seseorang berkomunikasi, namun faktanya bagaimana cara orang berkomunikasi-lah yang menjadi pengaruh terhadap suasana emosional seseorang.
  2. Perasaan yang sensitive

Seseorang yang mudah sekali merasa bersalah terhadap orang lain, biasanya menggambarkan karakter yang lebih memahami dan mengerti pikiran serta perasaan orang lain, atau cenderung menjadi sosok yang perasa.

3. Tidak bersosialisasi sama buruknya dengan merokok

Untuk kalian para Introvert ketahui atau bagi kalian yang selalu merasa nyaman dengan lingkup aktivitas yang merasa tidak membutuhkan siapa-siapa. Karena ternyata faktanya, seseorang yang terlalu lama sendirian dan kurang, atau bahkan sampai tidak mau bersosialisasi sama saja buruknya dengan orang yang merokok 15 batang rokok dalam sehari.

4. Intonasi yang tenang akan mendominasi percakapan

Berbicara dengan lembut dan intonasi yang tenang ketika beradu argumen, akan lebih memposisikan dirimu sebagai pendominasi daripada lawanmu.

5. Terlalu bahagia mengurangi waktu tidur

Kebahagiaan tentu sangat diidam-idamkan oleh semua orang. Namun sayangnya menurut fakta psikologi bahwa semakin bahagia seseorang, maka akan lebih sedikit waktu tidur seseorang. Hal ini akan berdampak bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan masalah baru.

Itu dia 5 fakta menarik dalam dunia psikologi yang jarang disadari oleh kebanyakan orang nih. Kalian pernah gak sih mengalami diantara point di atas?

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani