Home Entertainment 5 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

5 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

135
0
SHARE

Diamma.com- Banyak cara yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Diantaranya adalah menjaga pola makan, jam tidur, teratur berolahraga, dan yang paling penting minum air putih secara teratur. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, untuk mencegah dehidrasi.  Kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh selama satu hari ialah 2 liter air atau setara dengan 8 gelas perhari.

Meminum air putih secara teratur juga memiliki manfaat yaitu melumasi sendi, membentuk ludah dan lendir, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, sebagai bantalan otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya. Selain itu, manfaat lainnya ialah mengatur suhu tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membersihkan sisa-sisa tubuh, membantu membantu menjaga tekanan darah dan melancarkan saluran udara.  Berikut adalah waktu yang tepat untuk meminum air putih:

  1. Setelah bangun tidur

Ketika bangun, kita akan merasa haus. Karena saat tidur tubuh tidak mendapat asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Maka, minumlah satu sampai dua gelas air putih untuk membantu metabolisme dan membiang racun dalam tubuh.

2. Sebelum menyantap makanan

Minum segelas air putih 30 menit sebelum makan dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik, pastikan jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu proses pelarutan makanan dan merusak pencernaan, serta enzim-enzim yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

3. Ketika kelelahan

Tubuh terdiri dari 60% air, artinya kinerja dalam tubuh bergantung pada air, seperti otak dan organ-organ penting lainnya. Apabila tubuh kekurangan air makan muncul rasa sakit kepala, kehilangan fokus, masalah tidur, marah, depresi, kabut otak, depresi, dan darah tinggi. Maka segeralah minum air putih ketika merasa lelah.

4. Sebelum, saat dan setelah berolahraga

Tubuh akan berkeringat sehingga cairan dalam tubuh akan berkurang saat kita berolahraga. Minumlah air putih untuk mencegah dehidrasi, kelelahan, dan meningkatkan daya otot tubuh.

5. Sebelum tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh ketika beraktivitas sepanjang hari dan membuang racun dalam tubuh. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Indira Difa Maharani