Home Entertainment 5 Tips Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil

5 Tips Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil

118
0
SHARE
Pembersihan jamur pada kaca mobil kesayangan Anda. Foto : cermati.com

Diamma.com- Mobil merupakan salah satu transportasi yang digunakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,   namun jika penggunaan mobil tidak disertai perawatan akan menyebabkan permasalahan pada mobil itu sendiri, salah satunya adalah timbul jamur pada kaca mobil Anda

Tahukah Anda, munculnya jamur pada kaca mobil dapat dipicu oleh cuaca yang tidak menentu dan kondisi udara yang kotor ? Terutama pada musim hujan dan malam hari. Akibatnya akan membuat visibilitas para pengendara terganggu.

Berikut tips dan trik untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan menggunakan bahan dan alat yang mudah didapat :

  1. Menggunakan Alkohol

Alkohol yang biasanya digunakan untuk membersihkan luka pada kulit juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Sebelumnya,  Anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Untuk bahan siapkan alkohol sekitar 50-90%, sedangkan untuk alat yang digunakan Anda dapat menggunakan kapas ataupun kain lembut. Berikut langkah-langkah pengaplikasian membersihkan jamur pada kaca mobil menggunakan alcohol :

  1. Kocok terlebih dahulu alkohol yang akan Anda gunakan. Kemudian celupkan kapas atau kain lembut ke dalam alkohol, hanya secukupnya saja.
  2. Gosokkan kain atau kapas pada bagian kaca yang terdapat jamur. Gosokkan perlahan hingga bercak jamur pada kaca menghilang..
  1. Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian tidak hanya dapat menghilangkan noda membandel pada pakaian namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bercak jamur pada kaca mobil. Berikut ini langkah-langkah membersihkan jamur kaca mobil dengan menggunakan pemutih pakaian.

  1. Siapkan kain lembut serta pemutih pakaian.
  2. Celupkan kain lembut ke dalam pemutih pakaian, lalu gosokkan ke bagian kaca mobil yang bermasalah hingga bercak jamur hilang tak bersisa.
  3. Setelah itu, bersihkan kaca mobil Anda dengan menggunakan air biasa. Setelah itu, lap dengan menggunakan kain kering.
  1. Menggunakan Minuman Soda

Air soda ternyata tidak hanya enak diminum saja, namun juga dapat untuk membersihkan jamur pada kaca mobil Anda. Jika Anda memilih menggunakan minuman soda untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, maka sebaiknya Anda membersihkan kaca mobil terlebih dahulu. Sebelum membersihkannya jangan menyiram kaca mobil Anda dengan menggunakan air. Hal ini dikarenakan agar unsur kimia yang ada di dalam minuman soda tidak bercampur dengan air. Sebaiknya Anda dapat membersihkannya dengan cara mengelapnya saja, agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada kaca. Setelah bersih, Anda dapat menyiapkan kain lembut yang kering dan kemudian basahi dengan minuman soda tersebut. Setelah itu, gosokkan pada bagian kaca yang terkena jamur. Ulangi hal ini hingga beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil hilang.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Biasanya cuka apel digunakan sebagai bahan makanan ataupun dimanfaatkan untuk kecantikan wajah. Namun, siapa sangka jika cuka apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan bercak jamur yang sulit dihilangkan pada kaca mobil. Nah berikut ini langkah-langkah membersihkan jamur kaca mobil dengan menggunakan cuka apel.

1. Pertama kali buatlah campuran cuka apel dengan air. Untuk takarannya adalah 3 sendok makan cuka apel untuk 1 liter air.

2. Kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut.

3. Gosokkan kain tadi pada kaca mobil dengan gerakan memutar hingga jamur yang ada pada kaca mobil dapat hilang sempurna.

4. Setelah bercak jamur bersih, Anda dapat mengeringkan kaca dengan menggunakan kertas koran.

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Bahan lainnya yang dapat Anda gunakan adalah pasta gigi. Untuk memanfaatkan pasta gigi sebagai pembersih jamur kaca mobil Anda sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi.

1. Pastikan kondisi kaca mobil Anda dalam keadaan yang bersih dan kering.

2. Oleskan pasta gigi pada kaca mobil Anda terdapat bercak jamur secara merata.

3. Tunggu hingga pasta gigi mulai mengering.

4. Setelah kering, Anda dapat membersihkan pasta gigi ini dengan menggunakan air.

5. Gosok dengan menggunakan air hingga bersih. Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan kain lembut.

6. Gosokkan kain tersebut hingga jamur pada kaca mobil mulai menghilang.

Nah, bagaimana mudah dan praktis bukan cara dan bahan-bahannya, semoga bermanfaat ya.

Penulis: Rayhan Rasjman
Editor: Rahma Angraini