Home Entertainment Budaya Jakarta Carnaval Day Menyatukan Keberagaman Dalam Kompetisi

Jakarta Carnaval Day Menyatukan Keberagaman Dalam Kompetisi

82
0
SHARE

Jakarta Carnaval Day 2019, Persatuan Dalam Nusantara. Foto: indoagenda.com

Diamma.com- Jakarta Carnaval Day 2019 pertama kali diselenggarakan oleh kerja sama antara Aliansi Pemberdayaan Generasi Muda (APGM) yang bekerja sama dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) serta didukung oleh Pemda DKI Jakarta. Acara yang berlangsung pada 30 November – 1 Desember di Pusat Kuliner JTS Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara ini bertujuan agar masyarakat mampu berbaur dengan keberagaman yang ada di Indonesia serta berkreasi dibidang kesenian. Hal tersebut disampaikan Firda Zaimmatul Mufarikha selaku ketua pelaksana bahwa tema acara ini, yaitu “Persatuan dalam Nusantara” di mana Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam budaya, lalu dijadikan satu pada acara ini.

“Kita membawa segala keberagaman tentang Indonesia, seperti agama, etnis, budaya, fashion, bahkan genre musik pun beragam di sini,” ujarnya.

Selain itu, Firda menjelaskan kompetisi ini juga diikuti segala golongan dari siswa SD, SMP, SMA bahkan komunitas – komunitas juga ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. terdapat beberapa kompetisi, seperti: band competition, karnaval competition, dan desain poster.

Sebagai penyelenggara acara, ia juga menyampaikan terdapat beberapa hal yang menjadi hambatan namun tidak berpengaruh pada berlangsungnya acara tersebut.

“Hambatan dalam teknis serta kepanitiaan pasti ada, apalagi kan 400 orang volunteer yang banyak banget makin banyak perbedaan,” jelas Firda.

Terakhir ia juga berharap dapat mewujudkan acara-acara seperti ini di lain waktu agar dapat menyatukan berbagai generasi muda maupun tua.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rahma Angraini