Home Entertainment 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

61
0
SHARE
Mata panda membuat menjadi kurang menarik di liat. Foto: dailywuz.com

Diamma.com- Apa yang terlihat seperti lingkaran hitam di bawah mata kita kadang-kadang hanyalah bayangan yang dibuat oleh kelopak mata bengkak atau lubang di bawah mata yang berkembang normal sebagai dari ciri penuaan. Jika ternyata kita sudah banyak tidur dan masih memiliki lingkaran hitam di bawah mata, itu merupakan hal yang tidak biasa. Kelelahan bukan satu-satunya alasan menculnya lingkaran hitam di bawah mata. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata:

1. Kompres mata

Kompres mata dengan lap bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Dinginnya air akan membantu mengurangi pembuluh darah di bawah mata yang bengkak dan pada lingkaran hitam. Rendam handuk dalam air dingin es, berbaring dan pegang benda dingin ke mata tertutup anda selama sekitar 15 menit. Coba cara ini 3-4 kali per hari untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata.

2. Menggunakan mentimun

Mentimun cocok untuk orang berkulit sensitif. Iris mentimun dingin dan langsung taruh di area mata sekitar 20 sampai 30 menit. Timun mengandung banyak antioksidan yang dapat mengobati lingkaran hitam dan memberikan kelembaban kulit.

3. Menggunakan kantung teh

Tak hanya kompres dingin, kita juga bisa menempelkan kantung teh di bawah mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi retensi cairan di bawah kulit mata. Caranya, rendam dua kantung teh hitam atau hijau dalam air panas selama kurang lebih 5 menit. Tiriskan sebentar dan masukkan ke dalam kulkas selama 15 hingga 20 menit. Setelah dingin, letakkan kantung teh yang dingin di kelopak mata kita yang tertutup dan tunggu selama 10-15 menit. Jangan lupa, bilas mata kita dengan air dingin setelahnya.

4. Jauhi alkohol

Alkohol menyebabkan kulit menjadi kering dan tipis. Jadi, kurangi mengkonsumsi  alkohol  agar  bengkak dan lingkaran di bawah mata tidak semakin parah.

5. Hindari begadang

Dalam banyak kasus, kebanyakan begadang di malam hari bisa menyebabkan kemunculan lingkar hitam di bawah mata. Oleh sebab itu, hindari begadang sampai dini hari. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya. Idealnya, waktu tidur yang normal bagi orang dewasa berkisar dari 7-8 jam per malam. Selain bisa membantu menyamarkan lingkaran hitam di mata, tidur yang cukup bisa meningkatkan kesehatan kita secara menyeluruh.

Masalah kantung mata dan lingkaran hitam umumnya bukan pertanda kondisi medis yang serius. Selamat mencoba cara menghilangkan kantung mata di atas. Namun, kita harus menghubungi dokter jika mengalami iritasi mata dan mata bengkak yang parah serta berlangsung cukup lama agar segera diproses demi kesehatan tubuh kita.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani