Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

30
0
SHARE

Diamma.com- Buah kuning melengkung yang satu ini kaya akan nutrisi dan khasiat yang luar biasa. Sepotong pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat, membuat pisang merupakan sumber serat yang cukup baik. Meletakkan pisang di meja dan mengonsumsinya secara teratur bisa membuat Anda terhindar dari banyak penyakit.

Pisang memiliki gula alami, bukan gula buatan dan olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. Ditambah lagi kandungan nutrisi lain seperti kalium, serat, vitamin C dan B6 serta antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi dalam pisang, membuatnya menjadi buah yang patut dimasukkan dalam menu diet.

Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan manusia :

1. Kesehatan Jantung

Makanan berserat tinggi dikatakan baik untuk jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).

2. Memperlancar Pencernaan

Pisang memiliki rasa manis dan asam. Rasa manis dikatakan membawa rasa berat tetapi rasa asam dikenal untuk merangsang pencernaan, sehingga mendukung pencernaan dan membantu membangun metabolisme.

3. Pembangkit Gizi

Pisang adalah kelas berat dalam hal nutrisi. Ini didukung dengan vitamin dan mineral penting seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin, dan B6. Semua ini berkontribusi pada berfungsinya tubuh dan menjaga kesehatan tubuh kita.

4. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi pisang dalam dua tahun pertama dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia. Sebagai sumber vitamin C, pisang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui penyebab kanker. Pisang kaya serat dan pati resisten, membantu melindungi tubuh terhadap kanker usus besar.

5. Meringankan kram otot

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna bagi para atlet, terutama karena kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna. Mengonsumsi pisang dapat membantu mengurangi kram pada otot saat latihan.6. Menurunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan bisa jadi rutinitas yang sangat menantang. Kandungan kalori dalam pisang relatif lebih rendah namun mengandung serat yang tinggi yang baik untuk menurunkan berat badan.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Octavia Dwi Lestari