Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Mengonsumsi Ikan Bagi Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Ikan Bagi Tubuh

54
0
SHARE
Kaya akan manfaat bagi tubuh, ikan sangat baik untuk dikonsumsi. Foto: naturfish.vn

Diamma.com – Belum lama ini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang populer di media sosial khusus nya Twitter. Banyak pengikutnya meminta untuk di-follow back olehnya. Namun, jika pengikutnya ingin di follow back, Susi memberikan catatan tidak secara cuma-cuma.

“Pertama, pengguna akun tersebut memakan ikan lebih banyak daripada protein lainnya. Kedua, pemilik akun tersebut harus mencintai laut dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan dan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, menjaga dan merawat laut, bersedia membersihkan pantai pantai yang kotor. Minimal, orang tersebut harus mengkampanyekan anti plastik sekali pakai. Dan empat, menyayangi sesama apalagi saudara sebangsa, setanah air, tidak bicara rasis, ekstrim, semua percakapan harus konstruktif,” tulis Susi dalam tweet-nya.

Bagi pengikut di Twitter-nya Susi yang tidak suka makan ikan atau alergi juga mendapatkan pesan dari nya, “Yang tidak bisa makan ikan karena alergi, boleh kampanye ayo makan ikan. Makan ikan sehat, makan ikan kuat, makan ikan cerdas.. Tidak makan ikan ditenggelamkan !!!!!,” tutup tweet Susi.

Nah, berikut ini adalah 4 manfaat dari mengonsumsi ikan bagi tubuh manusia:

1. Tinggi nutrisi

Ikan mengandung banyak nutrisi penting, termasuk protein berkualitas tinggi, yodium, dan berbagai vitamin serta mineral. Kandungan lemak pada ikan juga mengemas asam lemak omega-3 dan vitamin D.

2. Bantu turunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab paling umum kematian dini di dunia. Ikan dianggap sebagai salah satu makanan paling menyehatkan yang dapat dikonsumsi. Para peneliti percaya bahwa jenis ikan berlemak bahkan lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena adanya kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Makan setidaknya satu porsi ikan per minggu dapat membantu penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Menjaga fungsi dan kesehatan otak

Ikan laut, seperti salmon, sarden, dan ikan teri, kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan anak-anak untuk perkembangan dan pembentukan otaknya. Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi ikan laut yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat membantu meredakan gejala depresi dan demensia pada lansia, serta baik untuk menjaga kesehatan otak.

4. Mendukung kesehatan tulang

Vitamin D tidak hanya dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari, tetapi juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan laut. Ikan laut merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang.

Gimana tertarik kan untuk mengonsumsi ikan? ayo konsumsi ikan mulai dari sekarang demi kesehatan tubuh kita.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Gadis Ayu Maharani