Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Konsumsi Teh yang Harus Diketahui

Manfaat Konsumsi Teh yang Harus Diketahui

34
0
SHARE

Diamma.com- Apa pun musimnya, teh bisa menjadi minuman yang enak karena dapat disajikan menggunakan es ataupun secara panas. Tetapi manfaatnya jauh melebihi penyegaran tubuh. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

Teh adalah cara beraroma untuk memasukkan cukup cairan ke tubuh kita setiap hari. Selain itu, penelitian menunjukkan teh dapat membantu melindungi gigi dan jantung, serta bahkan mungkin membantu mencegah kanker.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan terbaik teh dan beberapa pilihan teh lezat untuk dicoba:

1. Teh mengandung antioksidan.

Antioksidan bekerja untuk mencegah versi karat tubuh dan dengan demikian membantu menjaga kita awet muda serta melindungi kita dari kerusakan kulit akibat polusi.

2. Teh memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi.

Campuran herbal tidak memiliki kafein, sedangkan teh tradisional memiliki kurang dari 50 persen dari apa yang biasanya ditemukan dalam kopi. Itu berarti kita dapat mengkonsumsi teh tanpa efek. Jika kita mencoba beralih dari kopi ke teh, cobalah teh akar chicory seperti Teeccino, yang memiliki rasa yang mirip dengan kopi. Akar sawi putih juga dikenal untuk membantu mengurangi stres.

3. Teh dapat membantu menurunkan berat badan

Teh mengandung senyawa mateine yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Bersama kandungan kafein yang dihasilkan, pengeluaran energinya dan oksidasi lemak akan meningkat.

4. Teh dapat membantu melawan kanker

Polifenol tinggi dalam teh bisa menghambat perkembangan kanker seperti, kanker lambung, kanker usus besar, kanker payudara, liver, prostat, dan kulit. Minumlan teh putih, teh hijau atau teh hitam. Karena dalam ketiga jenis teh tersebut terdapat kandungan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang bisa menurunkan resiko timbulnya kanker.

5. Manfaat Minum Teh untuk Gangguan Pencernaan

Sejak dulu, teh hitam atau teh herbal dikenal dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Saat merasa mual atau setelah muntah, kita disarankan untuk meminum secangkir teh hangat dengan campuran jahe untuk menenangkan rasa mual tersebut. Karena teh dapat mengurangi rasa mual secara efektif. Hal yang sama juga berlaku pada gangguan pencernaan seperti diare. Secangkir teh hitam tanpa gula dapat mengurangi rasa mulas di perut.

Setelah mengenal beberapa manfaat teh bagi kesehatan tubuh, maka kita jadi mengetahui bahwa tak ada salahnya untuk mengonsumsi teh setiap hari. Selain itu, kandungan kafein di dalam teh juga jauh lebih rendah dibanding pada kopi. Teh dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap kopi. Cobalah mengonsumsi teh setiap hari mulai sekarang.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Octavia Dwi Lestari