Home News Bahaya Konsumsi Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Konsumsi Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

38
0
SHARE

Diamma.com – Banyak orang sudah sering mendengar mengenai bahaya mengonsumsi alkohol, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kehilangan kendali diri, risiko mengalami kecelakaan, melakukan tindakan kekerasan, hingga keracunan alkohol, merupakan bbeerapa bahaya jangka pendek yang bisa muncul akibat mengonsumsi alkohol.

Selain efek langsung yang umum diketahui dari mabuk akibat mengonsumsi minuman keras terlalu banyak ada beberapa yang perlu kita ketahui tentang bahaya konsumsi alkohol bagi kesehatan tubuh manusia. Gangguan ini dapat mengubah suasana hati dan perilaku, serta membuat kita lebih sulit untuk berpikir jernih.

Berikut ini adalah gangguan yang dapat dialami tubuh akibat konsumsi Alkohol:

1. Jantung

Minum banyak dalam waktu yang lama atau terlalu banyak pada satu kesempatan dapat merusak jantung, menyebabkan masalah termasuk: Peregangan dan terkulai otot jantung, detak jantung tidak teratur, berasa pukulan di dada, dan tekanan darah tinggi.

2. Hati

Minum berlebihan juga akan berdampak pada hati, dan dapat menyebabkan berbagai masalah dan radang hati termasuk: hati berlemak, dan hepatitis alkohol.

3. Menurunkan fungsi otak

Fungsi otak bisa mengalami penurunan bila terlalu sering mengonsumsi alkohol. Akibatnya, alkohol yang diminum berlebihan dapat menurunkan fungsi otak. Kehilangan koordinasi, menurunnya penglihatan, gangguan mood dan ingatan, pingsan, hingga meningkatnya risiko stroke, merupakan kondisi-kondisi yang bisa terjadi pada otak apabila terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Kanker

Alkohol merupakan senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah mempengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Rutin dalam konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko mengembangkan beberapa tipe kanker, termasuk kanker mulut dan tenggorokan, esofagus, hati, dan payudara.

Meskipun alkohol dipercaya memiliki dampak positif bagi tubuh, namun dampak baik ini tidak sebanding dengan bahaya alkohol yang bisa ditimbulkan.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi konsumsi alkohol untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. Jika tetap ingin mengonsumsi alkohol untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Gadis Ayu Maharani