Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

44
0
SHARE
Mengonsumsi kopi ternyata bermanfaat bagi tubuh. Foto: aarp.org

Diamma.com- Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia karena cita rasa dan aromanya. Sudah menjadi rahasia umum apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan insomnia dan rasa cemas yang berlebihan. Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, coba pikir manfaatnya. Ternyata, penelitian menemukan manfaat kopi yang bisa memerangi penyakit berbahaya.

Kopi memiliki antioksidan yang baik daripada sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif lebih banyak dari efek negatifnya.

Inilah manfaat kesehatan terbaik dari kopi :1. Dapat Meningkatkan Tingkat Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Kopi dapat membantu orang merasa kurang lelah dan meningkatkan tingkat energi. Itu karena mengandung stimulan yang disebut kafein – zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kafein menghambat neurotransmitter penghambat di otak kita, yang menyebabkan efek stimulan. Hal ini meningkatkan tingkat energi, suasana hati dan berbagai aspek fungsi otak.2. Manfaat Kopi untuk Melawan kanker

Kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, manfaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA. Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, di antaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.3. Menurunkan risiko demensia (pikun)

Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para riset dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum kopi lebih rendah terkena risiko demensia. Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat kita lebih aktif.4. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan ternama di dunia, konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung. Adapun jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi atau 236,5 ml per hari. Meski demikian, manfaat kopi untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi jantung dari penyakit masih belum didukung oleh data yang konsisten, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.5. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Manfaat kopi bagi kesehatan yang mungkin bisa didapatkan salah satunya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Studi yang dilakukan sebuah universitas ternama menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih dari secangkir tiap hari selama empat tahun, memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen. Namun, kopi bukanlah satu-satunya hal yang memengaruhi risiko diabetes. Di samping itu, perlu diingat bahwa menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kopi, justru dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini.

Itulah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak perlu khawatir setelah meminum kopi, asal tidak berlebihan ya, Teman Sehat!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Octavia Dwi Lestari