Home Entertainment Gaya Hidup Tips Membersihkan Ikan dengan Mudah

Tips Membersihkan Ikan dengan Mudah

61
0
SHARE


Pentingnya memperhatikan kebersihan saat membersihkan ikan agar tetap segar. Foto: thereadystore.com

Diamma.com – Ikan adalah sumber makanan hewani yang kaya akan vitamin bagi kesehatan tubuh manusia. Tetapi, jika kita tidak dapat mencucinya dengan benar, Ikan akan kurang baik untuk dikonsumsi.

Dengan menghilangkan penyebab bau amis pada Ikan, serta mengawetkannya selama beberapa saat sebelum diolah merupakan cara penting untuk diketahui agar memudahkan kita memasak menu Ikan dengan lezat. Berikut adalah langkah membersihkan Ikan dengan benar:

1. Bersihkan sisik Ikan

Bersihkan terlebih dahulu ikan yang akan dikonsumsi dari sisiknya secara merata. Untuk membersihkannya/mengerik sisik bisa menggunakan sendok atau dengan pisau. Setelah itu, cuci ikan dengan aliran air bersih untuk memisahkan sisik yang masih menempel.

2. Bersihkan insang

Keruk insang ikan dengan menggunakan jari tangan dan keluarkan perlahan. Bila sudah bersih maka sisihkan ikan.

3. Bersihkan isi perut

Kemudian bersihkan pula isi perut ikan. Caranya adalah dengan mengerat bagian perut ikan secara merata. Lalu keluarkan bagian isinya secara merata dengan menggunakan jari tangan.

Bila sudah dibersihkan secara merata maka langkah selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa tidak ada kotoran yang masih tersisa pada daging ikan. 

Kemudian bilas ikan dengan aliran air bersih. Lalu, kerat-keratlah bagian permukaan kulit ikan dengan menggunakan pisau. Cara ini dilakukan guna memudahkan agar bumbu bisa meresap kedalamnya secara merata.

Dengan demikian, ikan akan bertahan setidaknya seminggu sebelum diolah, atau dapat dimasak langsung setelah proses pencucian. Hindari menyimpan ikan terlalu lama karena es akan membuat rasanya menjadi hambar.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Gadis Ayu Maharani