Home News Internasional Pemerintah Turki Klaim Telah Tangkap Istri dan Anak Eks Pemimpin ISIS

Pemerintah Turki Klaim Telah Tangkap Istri dan Anak Eks Pemimpin ISIS

28
0
SHARE
Abu Bakar al-Baghdadi. Foto: Google.com

Diamma.com – Pemerintah Turki berhasil menangkap istri pertama, Asma Fauzi Muhammad al-Qubaysim dan anak perempuan, Laila Jabir, mantan pemimpin ISIS pada Kamis (7/11) lalu.

Seperti dilansir dari Associated Press, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan Asma dan Laila ditangkap oleh polisi dalam sebuah penggerebekan di Provinsi Hatay pada 2 Juni 2018 lalu.

“Kami sudah menangkap istri Baghdadi, tetapi kami sengaja tidak mengungkapnya. Saya baru mengumumkannya hari ini untuk pertama kali,” kata Erdogan.

Mereka saat ini ditahan di tempat detensi imigrasi Turki. Menurut Erdogan, Asma membeberkan seluruh aktivitas mendiang suaminya dan ISIS.

Erdogan menyatakan aparat Turki berhasil menangkap sejumlah orang yang diduga jejaring ISIS di sejumlah tempat. Informasi itu dia sampaikan tidak lama setelah pasukan Turki berhasil menangkap kakak perempuan al-Baghdadi, Rasmiya Awad, di Kota Azaz, Provinsi Aleppo, Suriah.

Sebelumnya, Pemerintah Turki mengklaim berhasil menangkap Rasmiya Awad (65), yang diyakini merupakan saudara perempuan mendiang Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, di kawasan barat laut Suriah. Operasi itu dilakukan pada Senin (4/11) kemarin.

Dalam pidato di Gedung Putih, Trump menuturkan Baghdadi tewas setelah berusaha kabur dan terjebak hingga akhirnya meledakkan rompi bunuh diri. Operasi khusus AS itu juga, paparnya, turut menewaskan ‘sejumlah besar’ anggota ISIS lainnya, termasuk tiga anak Baghdadi.

“Dia (Baghdadi) tewas setelah berlari di bawah terowongan jalan buntu, merintih, menangis, dan menjerit sepanjang jalan,” kata Trump dalam pidatonya pada Minggu (27/10) lalu.

Penulis: Sarah Nur Zakiah
Editor: Gadis Ayu Maharani


https://m.cnnindonesia.com/internasional/20191105103842-120-445678/pasukan-turki-tangkap-adik-mendiang-pemimpin-isis?
https://m.cnnindonesia.com/internasional/20191102013338-134-445011/trump-klaim-tahu-pemimpin-baru-isis?
https://m.cnnindonesia.com/internasional/20191028083102-134-443366/trump-pastikan-pemimpin-isis-abu-bakr-al-baghdadi-tewas