Home News Rusia Khawatir Pengayaan Uranium Iran Akan Menyebabkan Pertikaian

Rusia Khawatir Pengayaan Uranium Iran Akan Menyebabkan Pertikaian

91
0
SHARE
Rusia Khawatir Pengayaan Uranium Iran Akan Menyebabkan Pertikaian . Foto : VOA Indonesia.

Diamma.com Pemerintahan Rusia khawatir dengan Iran yang akan mulai menyuntikkan gas ke sentrifugal yang digunakan untuk memperkaya uranium difasilitas bawah tanah Fordo pada Rabu (6/11).

Dilansir dari CNNIndonesia.com,  pengayaan ukrainum yang dilakukan oleh Iran akan menyebabkan pertikaian dengan Amerika Serikat dan malah membuat Iran kembali dijerat dengan sanksi. 

“Kami sedang memperhatikan dan memantau perkembangan situasi tersebut. Perombakan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) tentu saja menjadi pertanda yang tidak baik karena kami mendukung kelanjutan kesepakatan ini,” kata juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, kepada AFP.

Uranium yang diperkaya dapat digunakan untuk membuat bahan bakar reaktor tetapi juga senjata nuklir. Hal ini adalah bentuk kekecewaan Iran terhadap AS yang keluar dari perjanjian nuklir (JCPOA) pada 2015. Mereka juga memilih menunda menjalankan berbagai persyaratan yang tercantum dalam kesepakatan itu sejak Mei lalu.

Keputusan tersebut memicu respon dari Uni Eropa yang meminta Iran untuk membatalkan penambahan cadangan dan melanjutkan proses pengayaan uranium tersebut.

“Kami telah mendesak Iran untuk membatalkan langkah-langkah seperti itu tanpa penundaan dan menahan diri dari berbagai langkah lain yang bisa merusak perjanjian nuklir,” kata juru bicara untuk kepala diplomat Uni Eropa Federica Mogherini, Maja Kocijancic.

Penulis: Sarah Nur Zakiah
Editor: Octavia Dwi Lestari