Home Entertainment Gaya Hidup Tips dan Trik agar Performa Motor Matic Meningkat

Tips dan Trik agar Performa Motor Matic Meningkat

376
0
SHARE
Tips & trik agar performa motor matic meningkat hanya dengan upgrade CVT. Foto: moladin.com

Diamma.com- Tinggal di perkotaan yang mempunyai lalu lintas padat akan lebih mudah dan efisien jika menggunakan motor matic. Dengan motor matic, anda tidak perlu lagi memindahkan gigi saat ingin mempercepat kendaraan. Hanya dengan memutar gas maka motor akan melaju dengan cepat.

Tapi tahukah anda jika melakukan beberapa perubahan CVT (Continuosly Variable Transmission) pada motor matic akan membuat akselerasi motor menjadi lebih gesit dan top speed motor bertambah?

Berikut tips dan trik agar motor matic menjadi lebih nyaman dan gesit saat digunakan di kemacetan dan menempuh jarak panjang.

1.Ubahlah derajat kemiringan variator dan flywheel pada CVT motor anda. Cara untuk merubah kemiringan derajat variator dan flywheel adalah dengan cara membubut variator dan flywheel. Apabila salah perhitungan sudut derajat pada variator dan flywheel pada motor matic, dapat menurunkan performa motor anda.

2. Jika anda mempunyai karakter berkendara stop & go, gantilah roller dengan ukuran yang lebih kecil. Semakin kecil roller, akselerasi motor matic menjadi lebih enteng. Namun, apabila anda menempuh rute jauh, disarankan menggunakan ukuran roller yang lebih besar, sehingga RPM motor menjadi lebih tinggi dan top speed motor bertambah.

3. Gantilah ukuran per CVT sesuai dengan karakter berkendara anda. Apabila anda lebih sering stop & go, maka ukuran per CVT yang cocok adalah ukuran 1500 RPM. Lain halnya jika anda sering menempuh jarak jauh, ukuran yang cocok per CVT adalah 2000 RPM. Akan lebih baik jika anda konsultasikan terlebih dahulu kepada montir langganan, sebelum mengubah CVT. Kesalahan dalam memilih ukuran per CVT akan menyebabkan akselerasi motor matic menjadi lambat bahkan menyebabkan v-belt putus.

Itulah tiga tips agar performa motor matic anda meningkat. Jangan lupa, konsultasikan kembali dengan montir kepercayaan agar hasil maksimal dan tidak terjadi salah perhitungan dalam ukuran setelan CVT motor anda.

Penulis: Rayhan Rasjman
Editor: Octavia Dwi Lestari