Home Entertainment Gaya Hidup Cara Mudah Membuat Boba di Rumah

Cara Mudah Membuat Boba di Rumah

89
0
SHARE
Kesegaran minuman Teh Boba yang kekinian. Foto: 123rf.com

Diamma.com – Siapa sih yang tidak suka dengan minuman teh dengan topping Boba? Nah, Boba atau orang biasa menyebutnya bubble sedang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Semula, boba merupakan bahan campuran minuman teh susu, namun kini boba dikreasikan dengan minuman yang menggunakan gula merah yang rasanya manis dan menyegarkan. Untuk kamu yang mau mencoba membuat boba di rumah bisa banget loh! Berikut ini adalah cara membuat boba dengan mudah:

Bahan:

• 130 gr Tepung tapioka
• 6 sdm air
• 60 gr Gula merah
• 6 cangkir Susu

Cara membuat:

  1. Siapkan panci kecil, kemudian panaskan sedikit air dan larutkan gula merah di dalamnya. Setelah itu, dinginkan sebentar larutan dengan suhu ruangan.
  2. Lalu, tambahkan 1/3 tepung tapioka ke dalam larutan tadi. Lanjutkan mengaduk dan memanaskannya di atas api, paling lambat sampai semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk pasta yang halus.
  3. Lumuri tepung yang tersisa tadi ke talenan. Pindahkan adonan yang tadi dimasak dan uleni ke dalam adonan dengan bantuan pisau. Pada awalnya, mungkin sedikit lengket, tetapi lama kelamaan akan biasa saja. Lanjutkan menguleni sampai halus.
  4. Gulung adonan ke dalam pembungkus dengan ketebalan sekitar 1 cm.
  5. Potong adonan menjadi kotak-kotak kecil.
  6. Bulatkan setiap kotak kecil menjadi bola kecil (butuh kesabaran untuk membuat bulatan yang sempurna).
  7. Dalam piring besar, sebarkan tepung dan lapisi setiap bola dengan tepung yang cukup untuk menghindari saling menempel.
  8. Adonan yang sudah dibulatkan dapat kita rebus hingga warna kecoklatannya bening. Waktu merebus sekita 10-15 menit.
  9. Setelah itu masukan boba ke dalam cairan gula merah yang sudah di lelehkan.
  10. Boba siap disajikan dengan teh susu dingin supaya rasanya lebih nikmat,

Sekarang kamu bisa menikmati boba kapan saja di rumah dengan bahan yang mudah dicari dan harga ekonomis. Selamat mencoba!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Gadis Ayu Maharani