Home Entertainment Gaya Hidup 5 Manfaat Saffron untuk Tubuh

5 Manfaat Saffron untuk Tubuh

62
0
SHARE
Saffron dari bunga Crocus Sativus. Foto: Theasianparent.com

Diamma.com – Bunga Saffron umumnya digunakan sebagai rempah dan pewarna makanan, khususnya di kalangan warga Arab, Eropa, dan India. Saffron memiliki aroma yang harum dan rasanya sedikit manis.

Saffron adalah serbuk yang berasal dari bunga Crocus sativus. Bunga ini mekar sekitar akhir bulan September sampai awal bulan Desember dan banyak ditemui di Yunani, Maroko, India, Spanyol, Italia, Afganistan, Amerika Serikat, Belanda, dan Iran sebagai penghasil Safron terbesar.

Harganya yang mahal karena prosesnya yang lumayan rumit, dari merawat hingga memanen membutuhkan ketelitian, ketelatenan, tidak jadi hambatan dengan banyaknya permintaan dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Baru-baru ini sedang tren tentang manfaat Saffron yang memiliki banyak hasiat untuk tubuh, dengan menyeduh 3-4 helai saffron dengan air hangat, dan diminum secara teratur dapat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah manafaat Saffron untuk tubuh:

1. Mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker

Antioksidan yang terkandung pada Saffron, yakni Crocetin dan Kaemferol memiliki sifat sebagai antikarsinogenik yang dapat berkontribusi untuk menetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

2. Mengurangi gejala Insomnia

Kandungan senyawa dalam Saffron dapat membantu mengurangi gejala insomnia, dengan mengonsumsinya dapat menstabilkan tubuh.

3. Melancarkan haid

Senyawa alami yang terkandung dalam Saffron seperti, Safranal ini sangat berperan untuk meredakan rasa nyeri atau kram pada saat menstruasi.

4. Membantu meredakan depresi

Kandungan Crocin dan Safranal pada rempah Saffron ini dapat menstabilkan beberapa hormon pada tubuh sehingga dapat membatu meredakan depresi.

5. Bantu jaga ketahanan tulang

Kandungan kalsium, magnesium dalam Saffron berguna untuk membantu pertumbuhan kesehatan tulang.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Gadis Ayu Maharani