Home Entertainment Gaya Hidup Baik untuk Tubuh, Ini Manfaat Biji Selasih

Baik untuk Tubuh, Ini Manfaat Biji Selasih

52
0
SHARE
Biji Selasih cocok dihidangkan di berbagai minuman. Foto: Flipboard.com

Diamma.com – Pasti kita sering melihat biji selasih dihidangkan sebagai campuran untuk minuman dingin atau hangat. Bukan tanpa maksud, biji selasih ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh, khusunya bagi kesehatan.

Biji selasih berasal dari bunga kemangi yang sudah kering dan biji tersebut disajikan dengan cara direndam air hingga muncul selaput putih bening dipinggirnya dengan warna hitam di bagian tengah.

Daun dari tanaman asli Thailand ini berfungsi sebagai rempah dengan aroma dan rasa khasnya yaitu wangi, langu, manis, dan menyegarkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat biji selasih:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Efek karminatif dalam biji selatif berfungi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, sembelit dan susah BAB.

2. Menguatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada biji selasih mampu meningkatkan dan menguatkan imunitas dalam tubuh manusia.

3. Mampu mengobati batuk

Antispasmodic dalam biji selasih membantu menyembuhkan batuk, dengan disajikan dalam teh atau air hangat. Kandungan vitamin C nya juga dapat meredakan sakit tenggorokan, seperti radang atau panas dalam.

4. Menguatkan tulang

Anti inflamasi dalam biji selasih mampu membantu sembuhkan penyakit arthritis. Kalsium yang terdapat dalam biji selasih juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Gadis Ayu Maharani