Home News Nasional Deteksi Kesegaran Ikan dengan Aplikasi SiCerdik

Deteksi Kesegaran Ikan dengan Aplikasi SiCerdik

45
0
SHARE
Mahasiswa IPB ciptakan aplikasi SiCerdik untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan. Sumber: tempo.co

Diamma.com — Sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Fakultas Periklanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), menciptakan aplikasi pendeteksi tingkat kesegaran ikan hanya dengan bermodalkan smartphone.

Menurut Dhea Fajriati Anas selaku Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Cipta Karsa (PKM-KC) Institut Pertanian Bogor (IPB), aplikasi yang dapat mengetahui tingkat kesegaran ikan ini diberi nama ‘SiCerdik’, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat khususnya kaum Ibu agar dapat mengetahui tingkat kesegaran ikan dengan mudah.

Dilansir dari tempo.co, aplikasi SiCerdik ini merupakan pengembangan dari alat pendeteksi kesegaran ikan yang dibuat oleh Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc.

“Alat pendeteksi kesegaran ikan sebelumnya sudah dikembangkan oleh dosen kami Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc, yang dapat mendeteksi kesegaran ikan dengan metode akustik,” kata Dhea.

Namun, alat yang diciptakan oleh dosennya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dianggap kurang praktis dalam pemakaiannya.

“Alatnya lumayan cukup besar, kurang praktis dibawa-bawa dan relatif lebih rumit pengoperasiannya oleh masyarakat awam,” jelas Dhea.

Untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan, cukup memfoto mata ikan dengan kamera yang sudah terpasang di aplikasi SiCerdik.

“Cukup difoto matanya, aplikasi ini langsung dapat mendeteksi tingkat kesegaran ikan,” kata Dhea.

Setelah mata ikan difoto, aplikasi SiCerdik akan mengolah dan menganalisa gambar yang diambil. Hasil analisa pun dalam bentuk informasi tentang tingkat kesegaran ikan.

“Keunggulan dari SiCerdik ini dapat mendeteksi kesegaran ikan dan mudah dioperasikan, portable, serta informasi dihasilkan saat itu juga atau realtime,” tutupnya.

Penulis: Savira Putri Aprillia
Editor: Gadis Ayu Maharani