Home Travel Kuliner Cara Mudah Membuat Macaroon Tanpa Tepung Almond

Cara Mudah Membuat Macaroon Tanpa Tepung Almond

389
0
SHARE
Cantiknya kue macaroon dengan berbagai macam rasa. Foto: mashed.com

Diamma.com – Pernah melihat kue asal Prancis dengan macam ukuran yang tidak terlalu besar dan berwarna-warni? Yap! Macaroon. Rasanya yang manis, renyah dan unik menjadikan kue ini banyak diburu oleh para penikmat manis.

Cita rasanya sendiri didominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu selaras dengan aneka rasa isi seperti vanila, cokelat, kopi, greentea, kelapa, hingga buah-buahan.

Berbeda dengan macaroon pada umumnya yang berbahan dasar tepung almond. Berikut ini adalah cara membuat macaroon tanpa tepung almond, menurut resep ‘Pufflova’.

Bahan-bahan:

1. 50 gr Oatmeal (diblender hingga menghasilkan 38 gr tepung Oatmeal)

2. 38 gr gula pasir

3. 1 putih telur

4. 50 gr gula halus

Cara membuat:

1. Haluskan Oatmeal menggunakan blender dan campur dengan gula halus

2. Selanjutnya, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut, kemudian tambahkan gula pasir lalu kocok terus hingga gula larut dan telur menjadi kaku.

Matikan mixer, lalu tambahkan campuran tepung Oatmeal dan gula halus, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula

3. Kemudian masukan adonan ke dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang

4. Buatlah bulatan-bulatan adonan yang sama, jangan lupa beri jarak antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel

5. Lalu panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius, kurang lebih 20 menit atau hingga matang. Kemudian angkat, dinginkan kue macaroon

6. Terakhir, oleskan satu bagian macaroon dengan bahan selai yang sudah dibuat, lalu tutup kue hingga menyerupai bentuk burger

7. Sajikan macaroon bersama kopi, teh atau susu untuk camilan di sore dan pagi hari.

Jika kita ingin membuat beberapa warna berbeda pada kue macaroon, maka adonan dibagi dalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang diinginkan.

Selamat Mencoba!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Gadis Ayu Maharani