Home News Teknologi Ini Alasan Video Insta Story Versi Android Hasilnya Kurang Baik

Ini Alasan Video Insta Story Versi Android Hasilnya Kurang Baik

296
0
SHARE
Tampilan insta story di android. Foto: mashable

Diamma.com – Pengguna Android pasti sudah sering bukan, mengalami kejadian upload video di insta story dengan kualitas yang tidak sejernih saat video direkam? Seperti yang dilansir dari Jawapos, berikut ini adalah alasan kenapa video kamu menurun kualitasnya.

Adanya batasan (maksimal) file size sebesar 15 MB yang diterapkan Instagram pada sistemnya untuk meminimalisir pemborosan data dan ukuran video, otomatis menurunkan kualitas video yang diunggah (di Insta story).

Proses kompresi ini yang akhirnya membuat kualitas video menurun dan menjadi pecah. Sebab, belum tentu format hasil konversinya sesuai dengan data video yang dihasilkan oleh kamera.

Hal lainnya, yaitu karena adanya perbedaan program framerate video kamera di Android berubah-ubah sesuai dengan pencahayaan yang ditangkap oleh lensa. Dampaknya, framerate yang berubah-ubah ini membuat video terlihat patah-patah saat dikonversi.

Framerate sendiri memiliki arti ukuran kecepatan frame/gambar yang ditunjukkan per detiknya dengan satuan frame per second (fps).

Selain itu, karena perbedaan efisiensi OS (Operating System), serta banyaknya jenis dan pabrikan smartphone Android juga membuat penyesuaian sistem lebih sulit dibanding Apple yang smartphone-nya hanya beberapa tipe saja.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa video insta story kamu tidak sebaik saat direkam. Semoga bisa menjawab pertanyaan Android user ya!

Penulis: Risthi Amelia Sary
Editor: Gadis Ayu Maharani