Home Entertainment Gaya Hidup 5 Buah Yang Aman dan Sehat Dikonsumsi Saat Sahur

5 Buah Yang Aman dan Sehat Dikonsumsi Saat Sahur

352
0
SHARE
Pentingnya menjaga kandungan air di dalam tubuh saat berpuasa dapat dimulai dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi. Foto: doktersehat.com

Diamma.com – Dalam menjalankan ibadah puasa, pentingnya memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka akan sangat mempengaruhi daya tahan tubuh selama berpuasa.

Selain memperhatikan makanan, asupan kandungan air bagi tubuh pun perlu diperhatikan. Misalnya dengan mengonsumsi beberapa gelas air putih saat sahur atau berbuka, dan juga makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti buah.

Berikut ini adalah beberapa buah yang aman dan sehat serta memiliki kandungan air cukup bagi tubuh untuk dikonsumsi saat sahur:

1. Kurma

Kurma adalah buah yang sangat baik untuk disantap saat sahur, karena kurma memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lengkap, seperti vitamin A, B2, B12, mineral, glukosa, sulfat, kalsium, fosfor, sodium, magnesium, dan potasium.

2. Semangka

Semangka, salah satu buah yang aman dan sehat untuk dikonsumsi saat sahur, karena memiliki kadar air yang tinggi, serta adanya kandungan lycopene yang mencapai 4532 mikrogram di setiap 100 gramnya yang sangat bermanfaat untuk sumber energi tubuh saat berpuasa.

3. Pisang

Dengan memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang melimpah, maka pisang sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi saat sahur. Selain itu, bagi yang memiliki maag, pisang merupakan buah yang aman untuk dikonsumsi karena dapat membantu mengurangi kadar asam lambung.

4. Pepaya

Selain dapat membantu tubuh dalam urusan pencernaan, pepaya juga memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh dan dapat mengatasi kulit kering saat puasa. Sehingga pepaya sangatlah aman dan sehat untuk dikoonsumsi saat sahur.

5. Apel

Apel memang cocok sekali disantap saat sahur karena memiliki kandungan serat yang melimpah, dan vitamin C yang tinggi. Apel juga mempunyai zat yang dapat membuat mood selalu stabil.

Penulis: Siti Anissa
Editor: Gadis Ayu Maharani