Home News 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

226
0
SHARE
Manfaat berpuasa bagi kesehatan. Foto: HonestDoc

Diamma.com – Bulan ramadan menjadi kesempatan bagi kita umat muslim untuk memulai gaya hidup sehat dengan berpuasa. Selain mendapat pahala, ibadah puasa juga memiliki manfaat kesehatan.

Seperti yang dilansir dari lifehack, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dijalankan dengan teratur. Berikut adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan:

1. Bantu turunkan berat badan

Puasa merupakan cara yang aman untuk bantu turunkan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan, puasa yang terkontrol memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak secara lebih efektif daripada hanya diet biasa.

Puasa yang terknotrol ini berdampak bagi tubuh yang akan menggunakan lemak sebagai sumber energi dari gula.

2. Mempercepat metabolisme

Puasa juga memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Hal tersebut berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien.

Jika pencernaan buruk, maka akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak. Puasa juga dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

3. Dapat memperbaiki fungsi otak

Dengan berpuasa juga terbukti dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini terjadi karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut brain derived neurotrophic factor (BDNF).

BDNF ini akan mengaktifkan sel induk otak yang diubah menjadi neuron baru, dan memicu produksi senyawa kimia lain untuk meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak dari gangguan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Memperbaiki pola makan

Puasa menjadi sarana latihan bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan. Dengan berpuasa, dapat membantu tubuh untuk menetapkan pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya.

Penulis: Anindita Safira
Editor: Gadis Ayu Maharani